Anggota DPR RI dan DPRD Sulsel serta Dishub Bone Turun Tangan, Lampu Jalan di Apala Mulai Menyala

  • Bagikan

BONE, RAKYATSULSEL - Meski Kelurahan Apala terletak di Jalan Poros Bone-Sinjai dan hanya 8 kilometer dari ibukota Kabupaten Bone, namun gelap gulita di pinggir jalan akibat sangat minimnya lampu jalan yang berfungsi atau menyala.

Bahkan dalam kurun lima (5) tahun terakhir ini, masyarakat Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone mengalami kegelapan pada jalan raya atau jalan umum. Pasalnya, sejumlah titik penerangan jalan mengalami kematian balon/bohlam lampu.

Namun berkat bantuan Anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Hj Andi Yuliana Paris (AYP) dan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari Fraksi Demokrat, H Syahrir, dua (2) malam terakhir ini, masyarakat Kelurahan Apala, khususnya Lingkungan Matekko dan Lingkungan Amessangeng sudah bisa menikmati fasilitas penerangan lampu jalan raya. Sebab di dua lingkungan tersebut sudah ada beberapa titik lampu jalan yang berfungsi.

Dari penelusuran RAKYATSULSELM di Kelurahan Apala, di Lingkungan Amessangeng dan Lingkungan Matekko sangat kontras dengan lingkungan lainnya yang ada di Kelurahan Apala, khususnya di malam hari, seperti Lingkungan Waru, Lingkungan Apala dan Lingkungan Gattareng. Di tiga (3) lingkungan ini, sangat minim lampu jalan yang berfungsi karena bohlam/balon lampunya sudah mati.

Menurut penjelasan Lurah Apala, Sainal Abidin, bahwa menyalanya lampu jalan di Lingkungan Amessangeng dan Lingkungan Matekko karena bantuan dari H Syahrir, SE (H Ceri), anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari Fraksi Demokrat.

Sedangkan dua (2) titik lampu jalan, satu (1) di Lingkungan Waru dan 1 di Lingkungan Apala, disumbangkan oleh Hj. Andi Yuliana Paris, anggota DPR RI dari Fraksi PAN. Dua unit lampu jalan tersebut merupakan tenaga Surya.

"H Syahrir yang membantu balon lampu jalan di Lingkungan Amessangeng dan Lingkungan Matekko. Beliau menyumbang 15 buah balon lampu. Sementara Hj Andi Yuliana Paris menyumbang 2 unit lampu jalan tenaga Surya," jelas Sainal, saat ditemui di Kelurahan Apala, Jumat (10/6/2022).

"Namun tanpa bantuan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dishub Bone maka lampu jalan di Lingkungan Amessangeng dan Lingkungan Matekko tidak berarti apa-apa sebab pemasangannya sangat susah," ujarnya lagi.

"Saat ini masih ada sejumlah lampu jalan di Kelurahan Apala yang balonnya mati. Masyarakat sudah ada juga menyumbang balon lampu dan sangat mengharapkan bantuan PJU Dishub Bone untuk membantu memasang balon lampu tersebut. Saya pribadi dan atas nama masyarakat Kelurahan Apala, sangat mengapresiasi H Ceri, Hj Andi Yuliana Paris dan Dishub Bone serta tentunya sangat berterima kasih," pungkas Sainal Abidin.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Dinas Perhubungan (KaDishub) Kabupaten Bone, Andi Syahriawang, mengatakan bahwa apa yang dia lakukan semata-mata sebagai salah satu bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah Kabupaten Bone khususnya Dishub Kabupaten Bone terhadap masyarakat.

"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan perhatian Pemkab Bone terhadap masyarakat," ujarnya. (Enal)

  • Bagikan