Hati-hati Naik Kelas

  • Bagikan
Pileg 2024, Diprediksi Banyak Politisi Naik Kelas

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Proyeksi para wakil rakyat menghadapi Pileg dan Pilkada 2024 mendatang semakin menarik. Bahkan, sejumlah anggota DPRD Sulsel dikabarkan akan naik kelas, mengincar kursi DPR RI dan kepala daerah.

Mereka yang mengincar kursi Senayan diantaranya Irfan AB, Imam Fauzan, Sri Rahmi, Ni'matullah, Rudy Pieter Goni, Andre Prasetyo Tanta, Rahman Pina dan Ismail Bachtiar. Tak ketinggalan Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo.

Adapun wakil rakyat yang disebut ingin naik kelas menjadi kepala daerah yakni, Syamsuddin Karlos (Pilkada Jeneponto), Usmaruddin (Pilkada Luwu), Hengki Yasin (Pilkada Takalar), Adi Ansar (Pilkada Selayar) dan Andi Ina (Pilkada Barru).

Selanjutnya ada nama Selle KS Dalle (Pilkada Soppeng), John Rende Mangontan (Pilkada Tana Toraja), Darmawangsya Muin (Pilkada Gowa), Syaharuddin Alrif (Pilkada Sidrap), Sahiruddin (Pilkada Enrekang), Irwan Hamid (Palopo) serta Andi Irwandi Natsir di Pillada Bone.

Meski demikian, para wakil rakyat ini harus hati-hati untuk naik kelas. Pasalnya, tak sedikit anggota DPRD Sulsel yang memilih untuk naik kelas justru mengalami pil pahit.

Sebut saja mantan anggota DPRD Sulsel, Arum Spink yang mencoba peruntungan maju di Pilkada Bulukumba 2020 namun gagal. Kemudian ada nama Wawan Mattaliu yang mengincar kursi Senayan pada Pileg 2019 lalu juga gagal.

Pil pahit juga dialami Andi Nirawati yang rela meninggalkan kursi DPRD Sulsel dan maju di Pilkada Pangkep.

Rahman Pina yang dikonfirmasi menyatakan keseriusannya maju sebagai caleg DPR RI pada Pileg 2024 mendatang.

"Kalau ada peluang kenapa tidak. Yang jelas saya serius maju di DPR RI," katanya, Jumat (10/6/2022).

Legislator Partai Golkar itu mengaku sudah memiliki modal sebagai mantan anggota DPRD Makassar dua periode serta satu periode menjadi anggota DPRD Sulsel. Oleh sebab itu, ia mencoba naik kelas dengan mencalonkan diri di DPR RI Dapil Sulsel I yang meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Banteng dan Selayar.

  • Bagikan