Dirikan Kantor Hukum, Mantan Kapolda Sulsel Kini Geluti Profesi Pengacara

  • Bagikan
Mantan Kapolda Sulsel, Burhanuddin Andi Sambut Kedatangan Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chusaeni Patoppoi di Peresmian Law Farm

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mantan kapolda Sulsel tahun 2013-2014, Irjen Pol (Purn) Burhanuddin Andi tetap memilih produktif usai dirinya pensiun dari tugasnya sebagai anggota polisi.

Kini, alumni Akpol 1983 itu memilih menggeluti profesi barunya sebagai pengacara.

Irjen Pol (Purn) Burhanuddin Andi meresmikan kantor hukumnya Law Firm di Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar, Sabtu (11/6).

Peresmian itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Burhanuddin Andi bersama Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chusaeni Patoppoi dan Presiden Kongres Advokat Indonesia Tjoetjoe Sandjaja Hernanto.

"Law Firm kita harapkan menjadi sarana juga media komunikasi bagi sesama penasihat hukum. Sekaligus menjadi penasihat hukum bagi masyarakat dalam mencari keadilan," kata Burhanuddin Andi, Minggu (12/6).

Jenderal polisi yang bergelar doktor itu juga menyampaikan, kantor hukumnya Law Firm hadir untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat menengah ke bawah.

Di mana, selama ini masyarakat menengah ke bawa sangat membutuhkan bantuan hukum untuk mencari keadilan. Hadirnya Law Firm dinilai sebagai salah satu solusi bagi mereka nantinya.

"Tidak sedikit warga berjuang mencari keadilan melalui proses hukum. Saya ingin membantu masyarakat yang terzalimi untuk memperoleh hak-haknya. Termasuk lewat kantor ini kami berkomitmen memberantas mafia hukum dan mafia tanah, sejalan keinginan Bapak Presiden Joko Widodo,” sebutnya.

Selain itu, Burhanuddin Andi turut menyampaikan, alasan dirinya mengambil profesi baru ini sebab selepas tugasnya sebagai anggota Polisi aktif, dirinya banyak berinteraksi dengan masyarakat. Ia banyak bergaul dengan masalah sosial, ekonomi, ataupun masalah hukum.

Atas dasar itulah, niat untuk mengimplementasikan ilmu hukumnya disalurkan, juga sebagai tanggung jawab moral kepada masyarakat.

"Kita melihat hukum dalam kacamata formal. Sebagai lawyer, kita melihat perspektif hukum yang berbeda. Profesi ini adalah pengabdian terakhir untuk membela masyarkat memperjuangkan keadilan," ujarnya.

Di kantor Law Firm ini, Burhanuddin Andi menghimpun sejumlah sahabat-sahabatnya yang berlatar pengacara sebagai partnernya.

Dalam peresmian kantor Law Firm, sejumlah tokoh di Sulsel dan Makassar hadir seperti mantan Menteri Pertanian periode 2014-2019 Andi Amran Sulaiman, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Wakil Bupati Soppeng Lutfhi Halide, dan Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf.

Selain itu, beberapa petinggi universitas di Makassar turut hadir diantaranya, Rektor UNM Prof Husain Syam, Wakil Rektor I UNM Prof Hasnawi Haris, dan Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa. (Isak)

  • Bagikan