Launching “Saya Pria Cakep” Inovasi Kadis DPM-PTSP Selayar, Wabup: Layanan Perizinan di Kecamatan Kepulauan Makin Mudah

  • Bagikan

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL - Mudahkan warga kepulauan dalam layanan perizinan, Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif melaunching Pusat Layanan Perizinan Kecamatan Kepulauan Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, di Pendopo Rujab Bupati Kepulauan Selayar, Senin (13/6).

Grand Launching ini diawali keynote spech oleh reformer program dan pemutaran video dokumenter pelaksanaan Launching yang sebelumnya digelar beberapa waktu lalu pada lima kecamatan dalam wilayah Kepulauan.

Program yang memiliki akronim "Saya Pria Cakep" ini merupakan Aksi Perubahan Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja Kepulauan Selayar, Muhammad Arsyad dalam perannya selaku peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat PIM II) di LAN RI .

Wakil Bupati saat melaunching Saya Pria Cakep mengatakan, reformasi birokrasi yang mendorong tata kelola pemerintahan bukan hanya mengontrol perubahan dalam birokrasi tetapi juga menghadirkan pelayanan serta memperbaiki paradigma administrator publik, dimana masyarakat ditempatkan sebagai aspek terdepan dan prioritas.

Dikatakan, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah membentuk unit pelaksana layanan berupa pelayanan administrasi terpadu kecamatan kelurahan dan desa.

"Dan Alhamdulillah, hari ini Pemkab Selayar dapat berbangga karena merupakan kabupaten terdepan yang mewujudkan pelayanan perizinan di wilayah kecamatan kepulauan melalui Program Saya Pria Cakep" ujar Wabup

Lahirnya progam "Saya Pria Cakep" ini, lanjut Wabup, diharapkan mampu manghadirkan pelayanan yang kreatif, menyenangkan dan tidak berbelit-belit serta memegang teguh prinsip amanah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu sebelumnya Reformer Muh. Arsyad memaparkan bahwa latar belakang lahirnya progam "Saya Pria Cakep" tak lepas dari faktor kondisi geografis Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Kondisi wilayah dengan lima kecamatan terpisah dan berada di wilayah kepulauan, serta terbatasnya infrastruktur penunjang layanan, menjadi penyebab rendahnya akses masyarakat kepulauan mendapatkan layanan perizinan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah" ucapnya

Oleh karena itu, pembentukan pusat layanan perizinan kecamatan kepulauan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja pemerintah dalam bidang pelayan publik dengan tujuan memberikan kenyamanan dan keterjangkauan bagi masyarakat kepulauan dalam mendapatkan pelayanan perizinan dan non perizinan.

Adapun jenis pelayanan yang diselenggarakan melalui Program Saya Pria Cakep ini antara lain pertama, pelayanan perizinan berusaha sektor dan kemudahan pensyaratan berinvestasi yang meliputi antara lain Kelauatan dan Perikanan, Pertanian, Perindustrian, Perdagangan dan lainnya.

Kedua Pelayanan Perizinan non Berusaha meliputi Persetujuan bangunan gedung, sertifikat laik fungsi, izin penelitian dan persetujuan lingkungan.

Selanjutnya yang ketiga Pelayanan non Perizinan yang meliputi Pembatalan dan pemcabutan izin, pelayan infornasi dan pengaduan perizinan dan non perizinan, dan lainnya. (*)

  • Bagikan