Operasi Patuh Resmi Digelar, Satlantas Parepare Kedepankan Persuasif dan Humanis

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Kepolisian Ngara Republik Indonesia resmi menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Patuh 2022.

Operasi Patuh ini dilakukan untuk mengurangi lokasi kemacetan serta menekan angka fatalitas kecelakaan, dengan target penegakan hukum dan upaya menumbuhkan kepatuhan terhadap tata tertib berlalu lintas.

Kasat Lantas Polres Parepare AKP Muh Yusuf menjelaskan, operasi yang serentak dilaksanakan 13 hingga 26 Juni 2022 ini mengedepankan giat edukatif, persuasif serta humanis yang didukung penegakan hukum dalam berlalu lintas secara elektronik.

"Operasi Patuh ini kita masih mengedepankan persuasif dan sisi humanis untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas dan patuh terhadap peraturan berlalu lintas,"jelas AKP Muh Yusuf.

Ia menyebutkan, terdapat delapan pelanggaran pokok yang potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas, seperti penggunaan knalpot bising, kendaraan yang menggunakan rotator atau lampu Strobo tidak sesuai peruntukannya, balap liar, melawan arus, menggunakan HP saat mengemudi, tidak mengenakan helm SNI, tidak mengenakan safety belt pada pengendara kendaraan roda 4 atau lebih, dan berboncengan lebih dari 1 orang.

Untuk sasaran titik-titik operasi patuh tambah dia dilakukan sosialisasi pada titik keramaian dan potensi kemacetan antara lain pada pagi hari dan saat keramaian di Sekitar Pasar Sumpang Minangae.(Yanti)

  • Bagikan