Inovasi Parepare, Berdaya Srikandi Oleh Srikandi Jadi Finalis Kelompok Khusus Top Inovasi Pelayanan Publik KIPP Tingkat Nasional

  • Bagikan

JAKARTA, RAKSUL — Inovasi Pemerintah Kota Parepare kembali mendapat pengakuan di tingkat nasional. Kepastian itu setelah inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi milik Parepare lolos jadi finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2022. KIPP diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Berdaya Srikandi Oleh Srikandi masuk dalam kategori kelompok khusus bersama tiga Kota lainnya di Indonesia. Empat Kota ini termasuk Parepare terpilih jadi finalis dari 98 Kota se-Indonesia.

Berdaya Srikandi Oleh Srikandi adalah inovasi dari Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) Parepare, yang sebelumnya juga sukses menembus Top 45 Inovasi Pelayanan Publik KIPP Tahun 2020.

“Alhamdulillah inovasi Parepare, Berdaya Srikandi Oleh Srikandi lolos jadi finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022. Bersama tiga Kota lainnya, Parepare lolos masuk dalam kategori kelompok khusus dari sekian puluh Kota yang ada di Indonesia,” ungkap Kepala Dinas PKP Parepare, Wildana, Rabu, 15 Juni 2022.

Wildana mengemukakan, capaian ini berkat dukungan penuh Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe yang mendorong jajarannya untuk terus berinovasi. “Pak Wali Kota selalu menekankan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Alhamdulillah, inovasi Parepare, Berdaya Srikandi Oleh Srikandi kembali masuk menjadi finalis Top Inovasi Pelayanan Publik untuk kelompok khusus,” kata Wildana.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe dalam beberapa kesempatan menekankan, inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi bukan sekadar sodorkan proposal dan konsep, tapi kepala daerah diberi kesempatan untuk menjelaskan program-programnya.

“Saya bercerita panjang lebar ide-ide murni saya membawa Kota Parepare di periode kedua saya, menjadi kota industri tanpa cerobong Asap. Nah inilah makna konkret bahwa kita bisa melahirkan industri-industri kecil termasuk skala rumah tangga dengan tanpa cerobong asap,” ulas Wali Kota yang menginisiasi lahirnya Teori Telapak Kaki di Parepare ini.

Sebelumnya, inovasi Parepare, Call Centre 112 (pelayanan kesehatan terpadu) unit kerja Dinas Kesehatan pada 2018 juga sukses menembus Top 40 Inovasi Pelayanan Publik tingkat nasional (saat itu bernama Top 40 Inovasi).

Dalam pengumuman yang dikeluarkan KemenPANRB, tanggal 13 Juni 2022, tentang Top Inovasi Pelayanan Publik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2022, menyebutkan, Tim Panel lndependen (TPI) telah melakukan sidang pleno pada 13 Juni 2022 untuk menentukan Finalis Top lnovasi berdasarkan Nominasi Finalis Top lnovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 sesuai dengan Pengumuman Ketua Tim Sekretariat KIPP 2022 Nomor: B/248/PP.00.05/2022 tanggal 2 Juni 2022.

Finalis Top lnovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 terpilih diurutkan berdasarkan abjad per klaster instansi, sebagaimana terlampir, dan diumumkan melalui web Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (httos:i/www.menpan.go.id/) serta web SI NOVIK (https://sinovik.menpan.go.id/). (*)

  • Bagikan