Putra Mahkota Penerus Takhta

  • Bagikan
Ilustrasi

Misalnya, Andi Izman Maulana Padjalangi. Pilkada 2024 bekan momentum dirinya untuk tampil. Kesulitan bagi putra mahkota Bupati Bone ini jika sepupunya Andi Rio Padjalangi yang juga anggota DPR RI final bertarung di Bone pada Pilkada mendatang.

"Tentu suara utama terpecah (basis keluarga) yang pada akhirnya membuka ruang bagi para penantang rezim. Ini yang mesti dipahami. Kecuali Andi Rio Padjalangi tak ikut Pilkada, Andi Izman Maulana Padjalangi bisa saja tampil, tapi pengamatan saya, tampilnya Izman tidak akan sekuat Andi Rio Padjalangi," pungkasnya.

Sedangkan pengamat Politik UIN Alaudddin Makassar, Attock Suharto menuturkan, semua anak kepala daerah yang hentak maju di Pilkada 2024 memiliki kesempatan selagi memnuhi syarat dan ketentuan sesuai PKPU.

"Saya kira berpeluang semua jika memenuhi syarat PKPU. Tidak ada larangan mereka tetap bisa berkarir membangun daerahnya," katanya.

Meski demikian, kata jebolan doktor ilmu komunikasi politik UIN Alauddin Makassar itu bahwa anak kepala daerah tidak boleh juga percaya diri maju. Tapi harus memiliki konsep dan visi misi yang jelas membangun daerahnya.

"Tidak serta merta langsung maju begitu saja. Perlu memiliki konsep yang jelas untuk bangun daerah. Tidak mengandalkan pihak lain," terang Attock. (HL)

  • Bagikan