Terlalu Gemuk, Pj Gubernur Sulbar Bakal Pangkas Jumlah OPD

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik

MAMUJU, RAKYATSULSEL - Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik bakal memangkas sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Alasannya, terlalu banyak sehingga dinilai kinerja lamban.

Akmal--sapaan akrabnya, menyebutkan ada beberapa kondisi yang menjadi alasan dilakukannya perampingan jumlah OPD.

Seperti hasil penilaian kinerja terhadap OPD dan Aparatur Sipil Negara (ASN) sendiri sebagai pelaksana, hingga tinjauan terhadap kondisi kapasitas fiskal daerah.

"Berkaca pada Provinsi Gorontalo yang memiliki kapasitas fiskal hampir sama dengan Sulbar, tapi hanya memiliki 29 OPD yang menangani urusan. Sementara, Sulbar saat ini memiliki 36 OPD. Jumlah ini terlalu gemuk," kata Akmal Malik. Minggu (19/6).

Selain itu, berdasarkan hasil sementara evaluasi yang telah dilakukan oleh tim dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal mengatakan, dari beberapa indikator penilaian menunjukkan kinerja perangkat daerah beberapa masih jauh dari yang diharapkan.

"Penilaian sementara Kemendagri terhadap OPD lingkup Pemprov Sulbar, masih ada 16 OPD dengan nilai di bawah rata-rata. Artinya, secara umum kinerja OPD Provinsi Sulbar masih jauh dari kinerja yang diharapkan," ungkapnya.

  • Bagikan