Hadirkan Cerita dan Kisah Inspiratif PBM Lewat Karya Tulis

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP/MTs Kota Parepare menggelar pelatihan menulis buku antologi cerpen. Pelatihan yang dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba guru berprestasi dan olimpiade guru nasional (OGN) tingkat Kota Parepare ini digelar di Balai Ainun Habibie, Selasa, (21/6/2022).

Pelatihan ini dilakukan untuk membekali Guru Bahasa Indonesia dengan Ilmu, pembekalan, dan pendampingan dalam menghasilkan karya tulis, berupa cerpen, xerita yang diangkat dari permasalahan-permasalahan yang dirasakan selama mengajar.

Hal itu disampaikan Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kota Parepare, Thamrin. Ia mengatakan, meski sempat vakum 14 tahun, namun semangat berkarya kembali berkobar untuk menghasilkan karya tulis yang dapat berfunsi sebagai bahan ajar komtekstual dari para guru Bahasa Indonesia.

Pelatihan itu mengangkat tema "Menarasikan Data Menjadi Cerita".

“Tepatnya di Tahun 2007, sekitar 14 tahun yang lalu pernah membuat Antologi Puisi dengan judul 7 Tanda Gurumu Sama Dengan 8 Keajaiban Dunia. Setelah cukup lama vakum tepat pada hari ini, semangat berkarya kembali bergelora. Kita harapkan nantinya rekan-rekan Guru yang selama ini mengajar, mendidik anak-anak kita dapat menuangkan cerita-cerita, atau kisah-kisah membimbing anak-anak kita, mengajar dalam bentuk karya tulis, selama proses belajar mengajar atau PBM,”ungkap Tamrin yang diketahui sebagai penyandang guru berprestasi tingkat nasional ini.

Ia berharap, setelah kegiatan pelatihan tersebut ada manfaat yang dapat dipetik, dengan menghadirkan kelas menulis yang bisa menghasilkan suatu karya buku yang ber-ISBN dan sajian-sajian tulisannya menarik untuk dibaca.

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Parepare, HM Makmur mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pengurus MGMP Bahasa Indonesia SMP Parepare. Ia berharap dengan dilaksanakannya pelatihan menulis yang menghadirkan Mentor Nasional Guru Menulis, Awaluddin Syaddad ini mampu meningkatkan kompetensi para Guru untuk bisa melahirkan dan membuahkan karya tulis. "Karya-karya ini nantinya tentu akan memperkaya khasanah karya inovatif di Kota Parepare," ujar HM Makmur yang juga merupakan Ketua PGRI Kota Parepare, eks penyandang predikat Kepala Sekolah berprestasi nasional.

Kegiatan itu juga dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Widin Wijaya dan Kepala Bidang PMGTK dan Informasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Paisal. (Yanti)

  • Bagikan