Balai Besar KIPM Makassar Gandeng Bank Mandiri Tingkatkan Kompetensi SDM Pelayanan Publik Menuju Service Excellence

  • Bagikan

Sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Service Quality Officer Bank Mandiri Area Makassar Kartini Nursyamsi yang membawakan lima materi seperti service mindset, costumer experience, komunikasi efektif, komunikasi non verbal dan penampilan, dan handling complaint.

Selain itu dilakukan pula role play dengan mensimulasi kondisi riil yang biasa ditemukan dalam pelayanan publik. Materi yang sangat menarik ini memancing banyak diskusi dengan petugas pelayanan mulai dari cara berbicara hingga menangani keluhan pelanggan.

Dengan peningkatan kompetensi ini diharapkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Balai Besar KIPM Makassar semakin meningkat.

Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada Triwulan I Tahun 2022, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat Balai Besar KIPM Makassar sebesar 88,11 meningkat dari Triwulan sebelumnya sebesar 86,32 dan meningkat dari IKM periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar 84,93.

Dengan peningkatan kompetensi ini diharapkan ada perubahan paradigma petugas pelayanan dalam menerapkan pelayanan prima kepada masyarakat. Sebagaimana Rhenald Kasali dalam bukunya "Disrupsi" mengatakan bahwa tanpa perubahan mindset maka perubahan tidak akan pernah terjadi. Salam perubahan! (*)

  • Bagikan