Menuju Liga 1, Wali Kota Parepare Berinovasi Jadikan Stadion GBH Lebih Nyaman untuk Suporter dan Masyarakat, Parkir -UKM Hingga Akses Ditata Baik

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL — Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Kota Parepare bersiap untuk menjadi markas Tim PSM Makassar, dan menyelenggarakan pertandingan-pertandingan berlevel nasional.

Jika Liga 1 Indonesia resmi bergulir, Stadion GBH akan menyelenggarakan 17 pertandingan bagi PSM Makassar selaku tuan rumah.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe yang sejak awal berkomitmen menjadikan Stadion GBH sebagai markas PSM, sudah menyiapkan inovasi-inovasi agar suporter maupun masyarakat semuanya nyaman dan senang dengan kehadiran PSM.

Mulai masalah perparkiran, pemberdayaan UKM, hingga akses menuju stadion akan ditata dengan baik. “Saya akan mengusulkan kepada PSM, agar tiket parkir disatukan dengan tiket masuk. Jadi satu kesatuan, tidak ada lagi celah parkir untuk dimainkan. Tinggal diatur ada bagian untuk juru parkir dan lainnya. Supaya semua merasa nyaman dan terakomodir,” kata Taufan Pawe, Kamis, 23 Juni 2022.

Hal lain jadi perhatian Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini, adalah pemberdayaan masyarakat dan UKM yang berada di sekitar stadion. Taufan Pawe merancang agar tribun terbuka di dalam stadion ditingkatkan, dan di sisi-sisi tribun ditempati UKM-UKM masyarakat beraktivitas. “Jadi mungkin penonton ada yang lapar mau makan bakso, ada yang haus mau minum, bisa makan dan minum ke UKM-UKM yang tersedia itu. Pokoknya bagaimana masyarakat bisa ikut merasakan dampak ekonomi kehadiran PSM,” papar Taufan Pawe.

Juga menjadi perhatian serius Taufan Pawe, adalah akses menuju stadion. Dia pun tengah memikirkan dan merancang anggaran agar akses menuju stadion lebih luas dan mulus.

“Ini juga yang menarik, GOR (Gedung Olahraga) kita yang berada di depan stadion, berkapasitas 5 ribu orang itu, PSM ingin bekerjasama untuk memanfaatkannya. Jadi mungkin kalau penonton membeludak, tidak muat dalam stadion, bisa diarahkan ke GOR, tinggal disiapkan layar lebar untuk menonton di dalam GOR,” ungkap Wali Kota Parepare dua periode ini.

Hampir pastinya Stadion GBH menjadi markas PSM untuk Liga 1 musim 2022-2023, disambut antusias kalangan suporter PSM. Tinggal beberapa catatan rekomendasi PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang harus dibenahi dan dilengkapi sebelum kick-off Liga 1 bergulir.

Antusiasme itu terlihat di media sosial (Medsos). Salah satunya dari akun bernama Muh Syaiful Ersya. “Alhamdulillah PSM Makassar bisa bermain di kampung sendiri….Terima kasih kepada Bapak Walikota Parepare Dr. H. M. Taufan Pawe, SH, MH, dan segenap yang membantu sampai Stadion BJ. Habibie dapat lolos verifikasi PSSI, kalian memang hebat….Ewako PSM 💪 Ewako Parepare Ewako Bapak Taufan Pawe,” tulis Muh Syaiful Ersya. (*)

  • Bagikan