Imigrasi Parepare Awasi Kepulangan PMI yang Tiba di Pelabuhan Nusantara

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare melakukan pengawasan terhadap kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

PMI tersebut dipulangkan dari Nunukan Kalimantan Utara melalui KM Thalia, yang tiba di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, Jumat (24/6/2022).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare Arief Eka Riyanto menjelaskan, terkait pengawasan pemulangan WNI tersebut, informasi diterima dari UPT BP2MI Nunukan bahwa akan ada pemulangan 20 Orang WNI yang akan di pulangkan dari Nunukan melalui kM Thalia.

"WNI yang dipulangkan dari Nunukan itu berasal dari daerah Sulawesi selatan dan Sulawesi tenggara, seperti Sinjai, Bantaeng, soppeng, bone dan kolaka,"Jelas Arief.

Lanjutnya, kedatangan WNI tersebut di sambut oleh BP2MI Parepare yang dipimpin oleh Ka Pos Pelayanan BP2MI Parepare.

Semua PMI tersebut kata dia, telah menjalani proses pemeriksaan kartu Vaksin dan hasil tes Rapid Antigen oleh tim karantina kesehatan pelabuhan diatas kapal setelah kapal bersandar didermaga pelabuhan.

Ia merincikan total PMI tersebut sebanyak 20 orang, antara lain dari Kabupaten Bone 2 orang, Kabupaten Sinjai 10 orang, Kabupaten Bantaeng 6 orang, Kabupaten Soppeng 1 orang.

"PMI tersebut dibawa ke Pos Pelayanan BP2MI Parepare untuk dilakukan pendataan berdasarkan daerah asal. PMI menunggu fasilitasi pemulangan ke daerah masing masing,"tutupnya.(*)

Penulis: Rahmaniar
  • Bagikan