Pemkab Luwu Studi Banding di Ciamis, Belajar Soal PEN

  • Bagikan
Rombongan Pemkab Luwu Foto Bersama

CIAMIS, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu melakukan kunjungan sekaligus studi banding di Ciamis, Bandung, Jawa Barat, Senin (26/6) kemarin. Rombongan belajar terkait Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Bupati Luwu, Basmin Mattayang mengatakan, pihaknya ingin melihat berbagai langkah mengenai PEN yang dilakukan oleh Pemkab Ciamis. Sebab, ada kesamaan utamanya dalam hal pekerjaan, yakni petani.

"Semoga berbagai langkah yang dilakukan Pemkab Ciamis bisa diadaptasi untuk diterapkan di Luwu sesuai dengan karakter wilayah," ujar Basmin Mattayang, Selasa (27/6).

Selain itu, kata dia, kunjungan mengenai berbagai aspek termasuk pelayanan publik, pariwisata dan yang lainnya. Bahkan, Bupati Luwu ini sangat kagum dengan kebersihan salah satu daerah Jawa Barat.

“Kami sangat berkesan dengan kebersihan di Kabupaten Ciamis ini sungguh sangat luar biasa dan kami akan belajar pada Kabupaten Ciamis. Kami juga akan melakukan studi lanjutan dan akan membawa para kepala desa kami untuk melakukan studi di Kabupaten Ciamis.” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Basmin mengajak kepala OPD yang berkaitan dengan pelayanan publik. Harapannya, mereka bisa meniru capaian pelayanan pubik, tata kota dan kebersihan.

Terpisah, Wakil Bupati (Wabup) Ciamis, Yana D Putra menyambut baik kedatangan rombongan Pemkab Luwu. Kata dia, Ciamis merupakan daerah agraris. Olehnga itu, meski pandemi pertumbuhan ekonomi tetap bertahan positif.

"Kami bisa bertahan dalam pandemi karena jumlah penduduk kami 1,4 juta dan mayoritas bergerak dibidang pertanian dan perkebunan," tukas Yana.

Diketahui, Rombongan Pemkab Luwu disambut Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wabup Ciamis Yana D Putra, beserta Kepala Kejari Ciamis Erny Veronica Maramba di pusat informasi kabupaten Ciamis. (Irwan)

  • Bagikan