Akhiri Kunjungan di Istana Kedatuan Luwu, Pangdam XIV/HSN Kenang Masa Kecil

  • Bagikan

PALOPO, RAKYATSULSEL - Wali Kota Palopo, Drs. H.M. Judas Amir, MH. beserta Unsur Forkopimda, menghadiri kunjungan Pangdam XIV/Hsn, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H, M.H. ke Salassae Istana Datu Luwu. Kamis, 30 Juni 2022.

Kunjungan Pangdam kali ini, dirangkaikan dengan prosesi pemasangan Keris dan Pin, oleh Patundru Istana Kedatuan Luwu, kepada Pangdam, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H, M.H.

Datu Luwu ke 40, Andi Maradang Makkulau Opu To Bau S.H, M.H., melalui juru bicara kedatuan juga memberikan petuah-petuah mengingatkan kembali dan menjabarkan tentang pengaruh Kerajaan Luwu dari jaman kemerdekan hingga sekarang, serta perjuangan Raja-Raja Luwu, dan Masyarakat Luwu.

Dalam kegiatan penerimaan kunjungan ini, Pangdam dan Datu Luwu juga saling memberikan cinderamata berupa plakat tanda sejalannya Pemerintahan dengan Kedatuan Luwu.

Walikota dalam sambutannya, mengajak mendoakan Almarhum Datu Luwu Andi Djemma bersama istri, agar ditempatkan dan diberi ketenangan disisi Allah SWT.

"Alhamdulillah, kita bisa memaknai dan menjalankan semua prosesi dengan baik, memelihara adat dan budaya adalah kewajiban Wija To Luwu," ujar Walikota.

“Bersyukur dengan nikmat yang ada, nikmat kesehatan, membawa semua untuk bisa hadir pada kegiatan ini,” tuturnya bijak.

Sambutan Pangdam XIV/Hsn berterima kasih kepada Datu/Raja Luwu, Permaisuri, dan Sultan yang menyambut kedatangan staff dan rombongan. Tak lain kedatangan beliau, selain bersilatuhrahim, juga untuk bernostalgia, mengingat beliau 40 tahun yang lalu beranjak dewasa di Kota Palopo.

"Saya merefleksi kembali kenangan saya dulu di Palopo ini, sewaktu saya masih kecil dimana Kota Palopo dan Kedatuan masih begitu erat dengan adat istiadat yang ada," jelasnya.

Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, mengingatkan agar tetap menjaga budaya dan adat bukan hanya bagian dari Kedatuan Luwu, melainkan semua yang ada di Kota Palopo.

"Sudah seharusnya budaya sipakatau sipakainge yang berarti saling bahu membahu bersatu dan saling mengingatkan akan kebaikan dan kesatuan, sesuai dengan tugas fungsi masing-masing," ujar Andi Muhammad.

Dengan berakhirnya semua prosesi penerimaan kunjungan Pangdam serta rombongan di Istana Kedatuan Luwu, juga menandakan rombongan akan mengakhiri kunjungannya kerjanya di Kota Palopo.

Turut hadir Raja, Permaisuri, Luwu. Rumpun Keluarga Andi Djemma, Para Pimpinan OPD Kota Palopo, Komandan Korem 141 Toddopuli.Kasi/Kasrem 141 Toddopuli.Perwira Jajaran Kodim 1403/Palopo. Rombongan Staff Pangdam dan tamu undangan. (*)

  • Bagikan