Parepare Segera Terapkan Identitas Digital, Tahap Awal Uji Coba di ASN

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Parepare mulai melakukan uji coba penerapan identitas digital. Penerapan uji coba masih tahap awal yang diberlakukan di lingkup pegawai Dinas Dukcapil Parepare dan ASN.

Kepala Dinas Dukcapil Parepare, Adi Hidayah Saputra mengatakan, uji coba identitas digital ini merupakan program dari Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Identitas digital ini, kata dia, dapat mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi.

Penerapan identitas digital berbasis dapat didownload di playstore smartphone. Sehingga masyarakat yang menguasai dunia digital lebih mudah mengakses pelayanan publik dengan digital tanpa menggunakan fisik KTP-el dan Kartu Keluarga lagi.

Identitas digital berfungsi untuk pembuktian identitas digital yang dilakukan melalui verifikasi data identitas untuk pembuktian atas kepemilikan identitas digital tersebut.

“Fisik dokumen kependudukan tetap diberikan bagi pemohon, tetapi dengan adanya identitas kependudukan digital ini semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses dokumennya setiap saat jika dibutuhkan,” ungkapnya.

Adi Hidayah menambahkan, walau masih tahap awal, Disdukcapil tetap melakukan sosialisasi secara langsug dan tidak langsung kepada masyarakat terkait adanya penerapan identitas digital.

“Sosialisasi tetap kami lakukan, sehingga jika sudah ada petunjuk langsung diimplementasikan,” tandas Adi Hidayah. (*)

  • Bagikan