Rapat Paripurna HUT Kota Palopo ke-20, Judas Amir Apresiasi Sinergitas Seluruh Forkopimda

  • Bagikan

PALOPO, RAKYATSULSEL - Wali Kota Palopo H.M Judas Amir MH., bersama Gubernur Sulsel, yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Muh. Iqbal S. Suhaeb SE. MTP, hadir di Rapat Paripurna Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kota Palopo, yang digelar di Lt. II, Ruang Pertemuan Ratona, Kantor Walikota Palopo, Sabtu 2 Juli 2022.

Rapat Paripurna yang dibuka resmi oleh Ketua DPRD Kota Palopo, Dr. Hj. Nurhaenih, S.Kep.,M.Kes, dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah dan DPRD Kota Palopo telah membuktikan, bahwa bersama telah mengarungi rentang waktu, yang patut disyukuri dengan berbagai capaian pembangunan di Kota Palopo. Juga tak lepas dari kolaborasi dan sinergi antara Forkopimda dengan seluruh elemen masyarakat.

“Kota Palopo saat ini genap 20 tahun sebagai kota otonom, yang di bentuk berdasarkan Undang-undang No 11 Tahun 2002 tentang pembentukan Kabupaten Mamasa dan Kota Palopo Provinsi Sulawesi-Selatan. Melihat dari sejarah kelahirannya, Palopo sebagai pusat pemerintahan telah ada jauh sebelumnya, dan Palopo adalah sebuah Kota yang dibangun dengan semangat peradaban baru dengan semangat rekonsialisasi," terang Hj Nurhaenih.

Walikota Palopo, dalam sambutannya mengatakan, HUT ke-20 tahun Kota Palopo dengan tema Palopo Tangguh, Ekonomi Tumbuh, yang menjadi ukuran capaian Pemerintah Kota Palopo saat ini.

“Tema HUT ke- 20 Kota Palopo, pada tahun 2022, yaitu menandakan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan tingkat pengangguran kita tekan. Bahkan Kota Palopo akan kita jadikan sebagai kota kesehatan, dengan dibukanya Rest Area di setiap rumah sakit dan puskesmas. Dan akan kita jadikan sebagai kota seribu taman,” jelas Walikota.

Walikota juga menjabarkan angka presentase penurunan yang signifikan di sektor penduduk miskin, Palopo juga sebagai kota jasa, yang tengah melakukan pelaksanaan pembangunan “multi year” seperti Pembangunan Sirkuit Ratona Motor Sport, Pusat Kuliner dan Oleh-Oleh Palopo, atau dikenal sebagai Menara Payung, Revitalisasi Kawasan Islamic Center Kota Palopo, dan Pembangunan Kantor DPRD Kota Palopo.

“Perkembangan Kota Palopo ini bukan hanya bergerak dan digerakkan oleh sektor Pemerintah, melainkan juga oleh sektor swasta, property, perbankan, perhotelan, tempat olah raga, rekreasi keluarga, rumah sakit, apotik, startup dengan ciri kaum milenial dan digital modelnya. Wali Kota berharap Kota Palopo, menjadi kota kunjungan tujuan wisata kesehatan,” papar Judas Amir.

“Selama memimpin Kota Palopo, atas kerjasama dari Forkopimda, swasta dan masyarakat Kota Palopo, dan ridha dari Allah SWT. Tanpa itu semua mustahil bisa terwujud,” tandasnya.

Dalam Rapat Paripurna juga di bacakan sejarah singkat Kota Palopo, oleh Wakil Ketua II DPRD Kota Palopo, Irvan, ST.
Sambutan Gubernur Sulawesi Selatan, yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Muh. Iqbal S. Suhaeb SE. MTP.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi-Selatan, saya mengucapkan selamat hari jadi kepada Kota Palopo, semoga peringatan hari jadi Palopo, dapat menjadi momentum jajaran Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kota Palopo untuk lebih tangguh, dalam mengawal penguatan ekonomi sebagaimana dengan tema yang diusung," ujar Iqbal Suhaeb.

Iqbal juga mengungkapkan, bahwa Pemerintah Prov.Sul-Sel, mendapat penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas laporan keuangan Pemerintah daerah secara berturut-turut, berkat sinergitas dalam menjalankan pengelolaan keuangan pemerintah yang transparant dan angkuntabel, yang dibangun bersama jajaran Pemerintah Sulawesi-Selatan.

"Dengan penilaian ini, makin memacu semangat kita semua, termasuk jajaran Pemerintah Kota Palopo, untuk bekerja lebih baik dan menjadi pendorong langkah membangun kepercayaan dari masyarakat, dan bukti upaya pemuliahan ekonomi, untuk kebangkitan Sulawesi-Selatan jauh lebih baik,” jelasnya.

“Agar momentum pemulihan ekonomi Nasional ini, bisa terus terjaga sehingga mobilitas semakin bagus dan pemulihan ekonomi tahun 2022, bisa berlanjut seperti harapan kita semua,” tutupnya.

Di penghujung acara, juga dilakukan pemberian penghargaan kepada Camat, Lurah, dan Petugas Kebersihan teladan, yang memiliki karya nyata yang bermanfaat untuk Kota Palopo.

Turut Hadir, Datu Luwu, Sri Paduka Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, Para Bupati, Ketua/Wakil DPRD/Anggota DPRD Kab/Kota Provinsi Sulawesi Selatan, Wakil Walikota Palopo, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Unsur Forkopimda Kota Palopo, Para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kota Palopo, Ketua KPU, Bawaslu Kota Palopo, Ketua Organisasi Wanita Se-Kota Palopo, para Rektor/Pimpinan Universitas Se-kota Palopo, Pimpinan BUMN, Ketua Partai se-Kota Palopo.

Juga hadir para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Agama. Insan Pers dan tamu undangan. (*)

  • Bagikan