Tahun Ini, DPRD Sinjai Akan Usulkan Dua Ranperda Inisiatif

  • Bagikan

SINJAI, RAKYATSULSEL- Anggota Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Sinjai akan mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif kepada Pemerintah Daerah pada tahun ini.

Ranperda itu antara lain, Ranperda tentang Perlindungan Pemberdayaan Koperasi UMKM dan Ekonomi Kreatif. Ranperda ini diinisiasi oleh lima Anggota DPRD Sinjai antara lain Muh. Dahlan (PKS), Andi Jusman (Nasdem), Zulkifli (PPP), Fachriandi Matoa (Gerindra) dan Ambo Tuwo (Demokrat).

Salah satu inisiator Ranperda tentang Perlindungan Pemberdayaan Koperasi UMKM dan Ekonomi Kreatif, Fachriandi Matoa menyampaikan bahwa hal yang mendasari sehingga pihaknya akan mengajukan Ranperda tersebut kepada pemerintah daerah karena sudah menjadi kebutuhan daerah saat ini.

"Kenapa kami dorong Ranperda ini karena di Kabupaten Sinjai
belum ada perda tersebut, juga karena Undang-undang cipta kerja merintahkan daerah melakukan penguatan kepada kelembagaan usaha, Inovasi dan kekaryaan intelektual perlu dilindungi dan dikuatkan, Ranperda ini ala omnibus law pemerintah pusat, artinya beberapa pengaturan diatur dalam satu peraturan,"jelasnya, Rabu, (06/7/2022).

Selain itu, Negara juga telah menerbitkan UU 24 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ekonomi kreatif, yang ditindaklanjuti pemerintah dengan menambahkan nomenklatur Kementerian menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sehingga menjadi penting daerah memiliki Perda ini sebagai rujukan dalam menyinkronkan program pemerintah pusat khususnya di Kemenparekraf.

  • Bagikan