Mentan SYL Lepas Kembali Ekspor Porang ke China

  • Bagikan
Mentan Syahrul Yasin Limpo Mengecek Porang Sebelum Dilepas atau Ekspor ke China

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) melepas ekspor chip porang ke China sebanyak 110 ton.

Nilainya Rp4 miliar di pabrik porang PT Insan Agro Sejahtera di Dusun Panjojo, Desa Lassang Barat, Kecamatan Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sabtu (9/7).

Ekspor ini merupakan yang perdana setelah dibuka kembalinya pintu ekspor ke negara China yang sempat ditutup dua tahun sehingga ini menjadikan harga porang kembali tinggi dan petani tersenyum.

"Apa yang kita lakukan adalah agar kehidupan petani menjadi lebih baik dari tahun ke tahun, khususnya petani porang. Memang China telah menutup impor porang dari Indonesia kurang lebih 2 tahun dan hari ini (kemarin) diawali di Takalar secara nasional kita mengirim porang ke China," ungkap Mentan SYL.

Mantan Gubernul Sulsel dua periode ini menjelaskan, keberhasilan Indonesia khususnya Kementerian Pertanian membuka kembali ekspor porang ini atas perjuangan keras.

Pasalnya, China menetapkan protokol persyaratan teknis yakni harus teregistrasinya hingga lahan atau daerah penghasil porang dengan baik oleh China.

  • Bagikan