Persaingan Antarcaleg Internal Parpol Kompetitif

  • Bagikan
Persaingan Kader Lebih Sengit

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, khususnya DPR RI akan berjalan kompetitif. Perebutan suara bukan hanya terjadi antar partai politik, namun persaingan antar calon legislatif (caleg) internal parpol akan lebih sengit.

Seringkali persaingan di dalam internal parpol memang lebih seru daripada dengan caleg partai lain. Terlebih para petahana akan kembali maju dan mempertahankan kursi wakil rakyatnya. Olehnya, para penantang yang ingin duduk manis menjadi anggota dewan harus kerja ekstra.

Manajer strategi dan operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy Syam mengatakan, kompetitif atau tidaknya persaingan antarcaleg sangat ditentukan bagaimana parpol melakukan rekrutmen politik dan mengatur komposisi caleg yang akan disiapkan untuk mengikuti kontestasi Pileg 2024.

"Aroma persaingan memang lebih kental di internal parpol. Bahkan persaingannya bisa terlihat saat daftar caleg sementara (DCS) disusun di internal partai," katanya.

Menurutnya, komposisi caleg yang kompetitif dalam satu dapil memberi keuntungan politik bagi partai.

"Dengan kekuatan beberapa figur caleg yang dimiliki, suatu parpol berpeluang besar mengamankan perolehan kursi," ujarnya.

  • Bagikan