Erna Rasyid Taufan Apresiasi SDIT KH Ahmad Dahlan Lahirkan Inovasi Baru Tes Psikolog Bagi Peserta Didik Baru

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL - Memasuki tahun Pelajaran baru 2022/2023, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) KH Ahmad Dahlan Kota Parepare, Melakukan inovasi dalam penerimaan peserta didik baru.

Inovasi yang digagas Kepala SDIT KH Ahmad Dahlan Saiful Amir, yaitu Tes Psikologi bagi peserta didik baru, yang digelar di Sekolah SDIT KH Ahmad Dahlan Kota Parepare, Jl Bukit Madani Kamis (14/7/2022).

Tidak tanggung tanggung, melalui Konsultan SDIT KH Ahmad Dahlan Indra Wijaya, S.Psi mampu menghadirkan 5 orang Psikolog dari Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan tes dan uji kematangan dan kesiapan peserta didik untuk belajar.

"Alhamdulillah hari ini dilaksanakan tes Psikologi kepada 23 Peserta didik Baru tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan mendatangkan khusus 5 ahli Psikologi dari UNM Makassar ini berkat bantuan dari Konsultan SDIT KH Ahmad Dahlan Indra Wijaya,"Ucap Syaiful Amir Selaku Kepala SDIT KH Ahmad Dahlan.

Program ini tambah Syaiful yang juga Sekretaris Lazismu, merupakan ikhtiar yang sangat serius unt6uk mewujudkan sekolah Muhammadiyah ini menjadi sekolah yang maju dan Unggul.

"Tes Psikologi bagi peserta didik baru untuk tingkat SD adalah hal yang baru pertama kali dilakukan di kota Parepare. Ini untuk menguji dan mengetahui kesiapan dan kematangan anak didik untuk memasuki masa belajar,"jelasnya.

Senada dengan Psikolog PT Smart Indonesia, Amirah Aminanty, kegiatan ini sekaligus menjadi modal utama bagi para guru dan orang tua dalam melakukan intraksi bagi anak-anak serta menjadi pedoman dalam menentukan metode dan pendekatan yang tepat bagi setiap peserta didik.

"makanya hasil dari tes Psikologi akan kami serahkan kepada para guru dan orang tua masing agar dibaca dan dipelajari rekomendasi kami dan tim,"tandas Amirah.

Program yang pertama kali dilaksanakan di Parepare ini, sangat diapresiasi oleh istri Walikota Parepare Hj Erna Rasyid Taufan.

”Saya mendukung dan mengapresiasi program SDIT KH Ahmad Dahlan yang terus berinovasi dan berimprovisasi, dengan melakukan tes Psikologi bagi siswa baru. Ini sangat membantu orang tua karena dengan tes ini akan terpetakan secara dini potensi keunggulan anak. Maka tidak salah kalau 2 ponakan saya sekolah disini,"Ujar Erna mengapresiasi.(Yanti)

  • Bagikan