Berikut Hasil Koordinasi Pemulangan Jenazah Korban Penembakan KKB Papua

  • Bagikan

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL - Menyikapi insiden penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Nduga, yang menyebabkan tiga warga asal Selayar menjadi korban, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk proses pemulangan hingga pemakaman jenazah.

Berikut hasil koordinasi yang dilaksanakan di Markas Kodim Selayar, yang dipimpin Wabup Selayar, Saiful Arif yang turut dihadiri Dandim, Kapolres, Kadis Perhubungan, Kadis Sosial, Kadis Kesehatan dan sejumlah awak media.

Dalam rapat ini diputuskan antara lain:

1. Tiga jenazah korban kekerasan bersenjata di Kabupaten Nduga, akan diterbangkan pagi ini ke Makassar.

2. Tiga mobil Ambulance sudah disiapkan mengantar ke Selayar.

3. Feri di Bira sudah dikondisikan untuk penyeberangan jenazah.

4. Tiga mobil ambulance di Selayar juga sudah disiapkan untuk mengantar jenazah ke kampung halaman masing-masing yakni Kayuadi dan Jampea.

5. KMP Taka Bonerate sudah dikondisikan untuk mengangkut ambulance yang membawa jenazah dari Benteng Selayar ke kecamatan pulau (Kayuadi dan Jampea).

6. Perwakilan keluarga masing-masing korban yang ada di Benteng, juga dikonfirmasi melalui Camatnya untuk menunggu jenazah dan mengantar hingga ke kampung korban.

7. Dinas Sosial Selayar akan mengawal jenazah dari Benteng hingga tiba di kampung asal korban di pulau.

8. Santunan bagi masing-masing keluarga korban sementara diproses dengan rincian Rp15 jt dari Kemensos dan Rp10jt dari Dinsos Sulsel.

"Namun, dikarenakan pengurusan santunan ini dibutuhkan proses administrasi yang membutuhkan waktu, maka kami membuka Lelang Amal (donasi) agar ada uang tunai yg diterima pihak keluarga saat tiba di Benteng Selayar, sebelum lanjut ke kampungnya untuk pemakaman," ujar Wabup Selayar, Saiful Arif.

Dirinya juga saat ini sudah ada beberapa pihak yang telah memberikan donasinya.

"Donasi bisa kami jemput, atau diantar, atau ditransfer ke Bank Sulselbar, No Rekening 042-201-000012333-3 An Saiful Arif (Tab Kurban), S.H," tutupnya. (*)

  • Bagikan