Pembentukan Gakkumdu, Bawaslu Soppeng Audiensi Bersama Kapolres dan Kejari Soppeng

  • Bagikan

SOPPENG, RAKYATSULSEL - Pesta demokrasi mulai dipersiapkan dengan maksimal oleh Bawaslu Kabupaten Soppeng, Pilkada serentak 2024 tentunya diharapkan menjadi pesta demokrasi yang aman, damai serta transparan.

Tidak hanya di dalam internal Bawaslu sendiri, koordinasi di semua sektor pastinya tidak luput dilakukan untuk mensukseskan pilkada 2024 mendatang.

Selain itu, Ketua Bawaslu Soppeng Winardi bersama anggota Nurlaelah dan Abd Jalil juga melakukan Audiensi dengan Kepala Kajaksaan Negeri Soppeng Muh Nasir, SH, MH dan Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita sebagai langkah awal Bawaslu Kabupaten Soppeng untuk menyiapkan personil Gakkumdu dan infrastruktur penegakan keadilan Pemilu dan Pemilihan di Kabupaten Soppeng.

Dalam Audiensi tersebut, Ketua Bawaslu Soppeng Winardi menjelaskan niatnya dalam memperkuat sinergitas dengan stakeholder terkait dalam rangka mempersiapkan pembentukan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu)

" Audiensi yang kami lakukan sebagai tindak lanjut Surat dari Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi, terkait Penyampaian permohonan personel GAKKUMDU pada Bawaslu Kabupaten Soppeng, ujar Winardi saat ditemui, Selasa (19/7/2022)

Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita saat menerima kunjungan Ketua dan Anggota Bawaslu Soppeng meminta penyelenggara Pemilu tetap menjaga sikap Independensi dalam menjalankan tugasnya, agar tidak ada permasalahan selama pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pemilu ini.

" Kami harap penyelenggara tetap independensi agar pilkada 2024 bisa berjalan dengan baik," pinta AKBP Santiaji

Perwira dua melati ini juga berpesan agar peran Bawaslu Soppeng harus lebih nampak, lebih memiliki legalitas terutama dalam penyelenggaraan pemilu nanti.

"Kegiatan-kegiatan itu harus terlihat dan benar-benar tersosialisasikan kepada Masyarakat dan Peserta Pemilu, terlebih juga dalam hal rasa aman," pesan Santiaji

Sementara itu, Anggota Bawaslu Abd Jalil saat ditemui menjelaskan, Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) merupakan hal yang sangat penting, dimana Gakkumdu merupakan pusat aktivitas penegakan hukum tindak pidana Pemilu.

" Gakkumdu merupakan hal sangat penting untuk penegakan hukum, dimana di dalamnya terdiri dari 3 unsur, yakni Badan Pengawas Pemilihan Umum, Kejaksaan Negeri dan Kepolisian, guna menangani pelanggaran sesuai Regulasi," jelasnya. (Ilh)

  • Bagikan