RMS Gandeng Kementan RI Gelar Bimtek Pengolahan Pupuk Organik di Sidrap

  • Bagikan

SIDRAP, RAKYATSULSEL -- Kementerian Pertanian RI melalui Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian menggelar Bimbingan Teknis Pengolahan Pupuk Organik di Gedung Alexsandria Ballroom, Jalan Abu Bakar, Kelurahan Rijang Pittu, Kecamatan Maritengae, Kabupaten Sidrap, Selasa (19/7/2022).

Pemateri dalam kegiatan tersebut Budi Hanafi Koordinator kelompok pupuk dan pembenah tanah Kementan RI dan Abd Rahman Runa Kepala IP3 OPT Tiroang Pinrang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Dinas Pertanian Sidrap Suryanto yang sekaligus membuka kegiatan, kemudian Santosa Raharjo perwakilan Dirjen PSP yang juga Koordinator Kredit Program Kementan RI.

Panitia kegiatan Abbas Langge mengatakan peserta kegiatan merupakan kelompok penerima bantuan Uppo yang merupakan peternak dari 3 kecamatan, masing-masing dari kecamatan Baranti, Kulo dan Panca Rijang.

"Ada 90 pesertanya, mereka juga didampingi Kepala BPP masing-masing kecamatan," ujarnya.

"Bimtek ini terlaksana berkat aspirasi Anggota DPR RI yang juga wakil ketua komisi IV DPR RI, H. Rusdi Masse," tambahnya.

Abd. Rahman Runa dalam materinya pembuatan Kompos atau Trichompos sekaligus praktek pembuatan kompos. Dijelaskannya bahwa pertanian organik adalah budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa bahan kimia sintesis.

"Tujuan dari pertanian organik ini adalah menyediakan produk pertanian, terutama bahan pangan aman bagi kesehatan produsen dan konsumen serta tidak merusak lingkungan," pungkasnya. (Rid)

  • Bagikan