Resmikan BLK Karang Karangan, Basmin Sebut Siap Jajaki Kerjasama Pembangunan Industri Perakitan Mobil

  • Bagikan

LUWU, RAKYATSULSEL - Bupati Luwu H Basmin Mattayang meresmikan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Karang Karangan, Kecamatan Bua, Kamis, (21/7/22).

Bupati Basmin menyebut, perusahaan pengelola Kawasan Industri Makassar, KIMA Sulawesi Selatan saat ini tengah menjejaki rencana pembangunan industri perakitan mobil di Kecamatan Bua Kabupaten Luwu.

Dihadapan Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali dan Kapolres Luwu AKBP Arisandi, Basmin Mattayang menyampaikan, managemen KIMA sudah beberapa kali menemuinya dan menawarkan kerjasama.

"Sudah tiga kali managemen KIMA atau Kawasan Industri Makassar menghadap saya, mereka tawarkan kerjasama, siap tandatangan MoU, KIMA ingin membuka pabrik perakitan mobil di Bua," ujar Basmin.

Bupati Luwu dua periode ini menjelaskan, jika tawaran ini diterima Pemerintah Kabupaten Luwu, maka perusahaan mobil tidak lagi mengambil mobil dari semarang tetapi bisa langsung melalui Bua Kabupaten Luwu.

"Dalam waktu dekat ini akan saya bahas bersama DPRD. Hanya satu syarat yang KIMA minta, Pemkab Luwu siapkan lahan 200 hektare dengan catatan satu hamparan dan keuntungan produksi kita bagi hasil," ujarnya.

Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, mendukung rencana tersebut meski demikian sebagai lembaga yang berfungsi sebagai pengawasan akan mempelajari bentuk kerjasama tersebut nantinya.

"Tentunya kita akan berhitung untung ruginya untuk masyarakat kemudian baru yang kedua untungnya ruginya bagi pemerintah," ujar legislator dari Partai Golkar ini.

"Kita tentu mendukung investor berlomba lomba berinvestasi di Luwu dengan catatan selama mereka komitmen akan kesejahteraan masyarakat, menjaga kelestarian lingkungan, menghormati adat istiadat kita di Luwu serta mau bersinergi dengan pemerintah setempat," kuncinya.
(*)

  • Bagikan