Pemprov Sulbar Canangkan Merdeka Pangan, Siapkan Lahan di Sejumlah Lokasi

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik dan Pejabat Pemprov Sulbar Tinjau Lahan Program Merdeka Pangan

MAMUJU, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar mencanangkan merdeka pangan. Ada beberapa lokasi yang disiapkan untuk menanam tanaman pangan, seperti di Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro.

Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik mengatakan, tanaman pangan yang disiapkan untuk pencanangan Merdeka Pangan yakni jagung dan kedelai. Bahkan, dirinya mengusulkan adanya budidaya ikan melengkapi program tersebut.

"Ini baru rencana, kita ingin fokus pada lahan yang belum dimanfaatkan. Biar lahannya kecil tapi memberi manfaat bagi masyarakat," ujar Akmal Malik, Rabu (27/7).

Rencananya, sambung Dirjen Otda Kemendagri ini, pihaknya akan melaunching Merdeka Pangan pada 13 Agustus 2022 mendatang. Tanggal itu bertepatan dengan penanaman serentak melibatkan kelompok tani dalam mengelola lahan perkebunan tersebut.

"Kuncinya adalah kolaborasi. Ini sebagai project percontohan bagaimana membangun kolaborasi, bergerak bersama melakukan pengelolaan lahan guna mendorong kemandirian pangan di Sulbar," ujarnya. (Sudirman)

  • Bagikan