Gandeng BPSDM, Wali Kota Palopo Buka Agenda Pelatihan Dasar CPNS

  • Bagikan

PALOPO, RAKYATSULSEL - Wali Kota Palopo Judas Amir menghadiri agenda pembukaan pelatihan dasar CPNS angkatan XXIV dan XXVII, Pemerintah Kota Palopo bekerjasama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan, tahun anggaran 2022 di ruang pertemuan Ratona kantor wali kota, Rabu (27/7)

Judas Amir menyampaikan, sebagai ASN, pertamanya harus dibina, dibimbing dalam pelatihan dasar ini, untuk dididik menjadi ASN berintergritas dan disiplin, menjadi ASN penghasilan sudah ditetapkan, pekerjaan sudah ditetapkan, sehingga perlu benar-benar-benar difahami bagaimana itu menjadi ASN yang baik.

“ASN penghasilannya sudah ditetapkan, jadi kalau ada ASN yang hidup kaya, mungkin saja bisa jika ada usahanya. Dan lain-lain. Yang jelas menjadi ASN harus tau konsekwensinya," terang Judas Amir.

Sambutan Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, diwakili Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial, Nur Awwal menyampaikan tentang pentingnya wawasan dan karakter berdiedikasi mesti dimiliki oleh ASN. Perubahan diklat pra jabatan menjadi pelatihan dasar ASN atau yang biasa disebut Latsar bukan hanya perubahan nama saja, tetapi lebih kepada perubahan mindset ASN dalam memahami nilai – nilai dasar ASN.

“Mengikuti pelatihan dasar CPNS ini menekankan pada nilai-nilai dasar ASN, yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi, sistem merit saat ini karier seorang ASN sangat dipengaruhi oleh kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang dimilikinya. Bukan berdasar pada pilihan politik, suku, agama dan faktor – faktor lainnya, tetapi pada profesionalisme, sesuai aturan kepegawaian yang berlaku," kata Nur Awwal.

Pada kegiatan itu. Wali kota, mengalungkan id card tanda peserta Diklatsar, kepada perwakilan peserta Diklatsar angkatan XXIV dan XXVII.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Sekda Kota Palopo, Harianto, peserta Diklatsar, dan jajaran Pemkot Palopo terkait. (**)

  • Bagikan