Gandeng PT Telkom, Pemkab Gowa Siap Wujudkan Satu Data Indonesia

  • Bagikan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Perlihatkan Nota MoU dengan PT Telkom Soal Smart City

GOWA, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kabupaten Gowa secara bertahap menyiapkan diri menuju kabupaten smart city.

Jika sebelumnya Pemkab Gowa menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengelola Computer Security Incident Response Team (CSIRT) bernama Gowakab-CSIRT untuk menerapkan disposisi online atau A'Kio E-Disposisi.

Kali ini, Pemkab Gowa menggandeng PT. Telkom Indonesia Tbk untuk mewujudkan program Satu Data Indonesia.

Hal ini ditandai melalui penandatanganan kerjasama antara Pemkab Gowa yang dilakukan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama PT. Telkom Regional VII Makassar yang dilakukan General Manager Telkom Witel Makassar, Nuryadin Salam di Kantor Telkom Regional Makassar, Senin (1/8).

Pada penandatanganan kerjasama ini terkait kesepakatan bersama Trial Platform Satu Data antara Pemkab Gowa melalui Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa dengan PT. Telkom Indonesia Tbk.

"Ini sebagai bagian menyiapkan diri menuju Smart City guna mengoptimalkan potensi daerah dalam pembangunan di Kabupaten Gowa," kata Adnan Purichta Ichsan.

"Apalagi di era digitalisasi atau era disrupsi seluruh lini kehidupan kita sekarang sudah pada digitalisasi," tambahnya.

Ia mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019 Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data di pemerintahan untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah.

  • Bagikan