Profil Bakal Calon Legislatif: Pendatang Baru Siap Berjibaku

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Persaingan perebutan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar pada pemilihan anggota legislatif 2024 akan semakin sengit. Sejumlah wajah baru akan turut mewarnai kontestasi lima tahunan tersebut.

Salah satu bakal calon anggota legislatif yang telah resmi menyatakan kesediaannya untuk maju adalah Jaya Irianto atau lebih dikenal dengan sapaan Toto. Lelaki berusia 49 tahun ini diyakini akan menambah atmosfer persaingan pemilihan makin seru.

Toto yang lahir dan besar di Kelurahan Bantabantaeng, Kecamatan Rappocini ini akan maju ke parlemen melalui Partai Amanat Nasional (PAN). Tokoh pemuda ini masuk dalam barisan politikus yang akan bertarung di daerah pemilihan Makassar Satu yang meliputi Kecamatan Rappocini, Makassar, dan Ujung Pandang.

"Sebagai pendatang baru, saya siap untuk meramaikan pertarungan," kata Toto kepada Harian Rakyat Sulsel, Senin (1/8/2022).

Toto menghabiskan masa kecil dan remajanya di Makassar. Pria kelahiran Makassar, 22 Desember 1972 merupakan alumni SMP Negeri 2 dan SMA PGRI Balangboddong.

Selepas dari pendidikan menengah, Toto lalu melanjutkan pendidikan di Universitas Garut, Jawa Barat. Di provinsi ini pula, Toto merintis karirnya sebagai pengusaha yang sukses.

Menurut dia, niatnya untuk mencalonkan diri didasari oleh dorongan dan dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda yang ada di Kelurahan Bantabantaeng. Toto mengatakan, sebagian besar masyarakat mendorong agar ada putra asli Bantabantaeng yang menjadi wakil mereka di parlemen.

Sebelum-sebelumnya, daerah ini selalu punya wakil yang duduk sebagai anggota dewan. Salah satunya adalah almarhum Zainal Beta.

"Kekosongan inilah yang menjadi dasar bagi masyarakat sehingga berinisiatif mendorong saya untuk maju," beber Toto.

Lantas, apa persiapan pemilik tagline "Sahabat Toto" ini menjelang Pileg 2024?

Menurut dia, saat ini pihaknya telah membentuk posko pemenangan di Kelurahan Bantabantaeng. Secara bertahap, posko serupa juga akan dibentuk di kelurahan lain pada tiga kecamatan yang menjadi basis suaranya.

Selain itu, sambung Toto, pihaknya juga mengandalkan simpul keluarga, kerabat, dan handaitolan untuk terlibat langsung dalam proses pencalonannya. Dukungan dari pihak inilah yang memberi keyakinan bagi Toto sehingga optimistis bisa mendulang suara.

Selain itu, kata dia, dipilihnya PAN sebagai kendaraan politik karena partai berlambang matahari terbit itu dinilai sejalan dengan visi dan misinya. Toto mengatakan, program-program sosial kemasyarakatan yang diusung oleh PAN lebih realistis untuk memberi kesejahteraan bagi masyarakat Kota Makassar, khususnya daerah pemilihan Makassar Satu.

"Saya siap bekerja untuk mendongkrak perolehan suara dan kursi PAN pada Pemilu 2024," ujar Toto.

Toto mengatakan, keinginannya terjuna ke dunia politik lebih didasari oleh niat untuk berbuat bagi masyarakat. Dia menyadari, untuk melakukan suatu perubahan, mustahil bisa dilakukan dari luar.

"Kita harus ada di 'dalam' untuk mewujudkan cita-cita mensejahterakan masyarakat. Saya berprinsip bukan menjadi manusia berhasil tapi menjadi manusia yang bermanfaat bagi org lain," imbuh anak ketiga dari delapan bersaudara ini. (*)

  • Bagikan