Gelar Silaturahmi, Gakeslab Sulsel Harap Pengusaha Alkes Bisa Bersinergi

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Gabungan Perusahaan Alat Kesehatan dan Laboratorium Indonesia (Gakeslab) wilayah Sulsel, berharap para pengusaha yang bergerak dibidang alat kesehatan (Alkes) agar sinergitas.

Hal itu karena adanya regulasi dalam kebijakan dan tata kelola, sehingga berdampak bagi bisnis alat kesehatan di tanah air. Maka perlu mentaati aturan terbaru ditetapkan Pemerintah pusat.

Ketua Gabungan Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium di Indonesia (Gakeslab) Sulsel, Drs Hendy Leman mengatakan bahwa menyikapi aturan terbaru dari pemerintah pusat soal alkes maka, perlu sinergitas antara Gakeslab dan pengusaha kedepanya.

"Makanya, tujuan kita berkumpul hari ini untuk merumuskan kegiatan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan mengenai perubahan Alkes mengenai cara distribusi alat kesehatan yang baik dan sertifikasi penanggung jawab alat kesehatan," ujarnya, saat silaturahmi bersama pengurus Gakeslab di Swis Bell Makassar, Jumat (5/8/2022).

Dari silaturahmi ini. Gakeslab Sulsel akan membentuk suatu kegiatan, oleh sebab itu ke depan pengurus akan melaksanakan forum untuk mengakomudir saran dan masukan terkait apa yang menjadi saran danasukan pengurus dan pengusaha Alkes di daerah.

"Kita akan undang dari pengurus pusat dari Kementerian Kesehatan dan tingkat reproduksinya. Ini sebenarnya karena masih banyak masalah ada yang melakukan pengadaan barang di daerah-daerah itu yang tidak sesuai dengan izi-nya," tuturnya.

"Kita bentuk supaya lebih diterbitkan. Jadi mereka mereka yang izi-nya tidak sesuai tidak bisa, soalnya kan jauh sesuatu pengadaan, ke depannya nanti itu semua yang ikut pengadaan itu harus, kalau tidak di denda," sambung dia menegaskan.

Menurutnya, saat ini cara distribusi alat kesehatan yang baik yang dibicarakan sehingga menjadi rekomendasi untuk disampaikan ke pemerintah pusat.

"Adanya revisi perubahan, kita punya keinginan dipakai yang peraturan yang yang sekarang, kita harus ikut yang baru," pungkasnya.

  • Bagikan