Demi Penciptaan Lapangan Kerja, OK OCE Dorong Mahasiswa Universitas Pertamina Berwirausaha

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL – Ketua Umum Gerakan Sosial OK OCE, Iim Rusyamsi hadiri Program Inkubasi Bisnis Pemula tahun 2022 dengan tema “Entrepreneur Mindset” yang diselenggarakan oleh Universitas Pertamina secara daring (online) pada, Jum’at (5/8/2022).

Program Inkubasi Bisnis ini juga dihadiri oleh M. Husni Mubarak Lubis, MS, selaku Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pertamina.

Sebelum memasuki acara inti, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pertamina, Husni Mubarak mengatakan bahwa Universitas Pertamina juga telah melakukan sebuah inovasi dalam program inkubasi bisnis. "Yang awalnya hanya ada satu fase inkubasi sekarang di tahun 2022 sudah berkembang menjadi dua fase inkubasi bisnis," ungkapnya, 5 Agustus 2022.

Husni menjelaskan, fase yang pertama adalah fase sekarang yang sedang dilaksanakan yaitu Inkubasi Bisnis Pemula, dimana nantinya pada fase ini mahasiswa dapat mengembangkan bisnis dan belajar berwirausaha mulai dari awal sampai ke tahapan prototyping.

Setelah itu, alumni inkubasi bisnis pemula dapat melanjutkan bisnisnya ke fase kedua, yaitu inkubasi bisnis lanjutan yang nantinya diharapkan dapat menciptakan sebuah lapangan pekerjaan.

Ketua Umum OK OCE, Iim Rusyamsi menjelaskan, para-Gen Z lah yang akan menjadi pemimpin di era Keemasan Indonesia. "Indonesia Emas ini diprediksi ada pada tahun 2045 saat Indonesia memasuki 100 tahun umurnya," ujarnya.

Iim juga mengatakan bahwa teman-teman mahasiswa akan merasakan Indonesia di Era Keemasan. "Indonesia akan menjadi negara adidaya 5 terbesar didunia, negara yang sangat power full," jelasnya.

“Ayo ini waktunya bagus banget temen-temen ikut inkubasi bisnis ini, sehingga bisa mendapatkan ilmu, kemudian bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi era keemasan Indonesia, jadi diera tersebut kita nantinya bukan hanya menjadi penonton tapi kita mengambil peran menjadi pelaku, menjadi pemainnya,” ungkap Iim.

Pada kegiatan ini, Ketua Umum OK OCE ini juga menjelaskan 12 karakter Entrepreneurial Mindset yang dikemukakan oleh sujan patel (2015) dan beliau juga memaparkan 4 Etos Kerja AS ala Sandi Uno.

Dengan adanya program Inkubasi Bisnis ini Iim mengemukakan pendapatnya. "Kita harus bersama-sama mendorong mahasiswa untuk berwirausaha sehingga dapat mengurangi pengangguran dan diharapkan bisa membawa kebaikan untuk diri kita sendiri, keluarga, dan tentunya untuk masyarakat Indonesia," tutupnya. (*)

  • Bagikan