Sasar Makassar, Kemenkominfo Gelar Sosialisasi hingga Latih 100 Pelaku UMKM

  • Bagikan
Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Pertanian, Maritim, dan Logistik Kementerian Kominfo, Wijayanto

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kementerian Komunikasi dan Indormasi (Kemenkominfo) Republik Indonesia menggelar roadshow sosialisasi dengan tema Optimasi Penjualan Marketplace dengan Digital Fulfillment.

Roadshow ini, Kemenkominfo menyasar Makassar. Kegiatannya, melaksanakan sosialisasi hingga memberikan pelatihan terhadap 100 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mereka ini dibagi menjadi tiga tim, lalu diberikan materi berbeda-beda. Di Four Point Hotel by Sheraton, Selasa (9/8).

Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Pertanian, Maritim, dan Logistik Kementerian Kominfo, Wijayanto mengatakan beberapa materi yang diberikan oleh pelaku UMKM ini seperti, meningkatkan penjualan pada platform, cara meningkatkan omset hingga cara membuat konten jualan yang menarik di media sosial.

"Mereka juga diberikan pengetahuan layanan gudang daring atau Digital Fulfillment sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan tempat penyimpanan yang selama ini kerap dihadapi pelaku UMKM," ucap Wijayanto.

Kata dia, Kemenkominfo juga menggandeng Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan untuk menjelaskan soal Digital Fulfillment. Para pelaku UMKM dikenalkan dengan pemanfaatan digital logistik. Harapannya setelah mereka menguasai, produktivitas penjualan bisa meningkat.

"Biasanya kalau sudah ada pesanan online, para pelaku usaha ini agak sedikit kewalahan untuk mem-packing barangnya sendiri. Nah Kehadiran fulfillment ini diharapkan membantu UMKM," tuturnya.

Dengan begitu, kata dia, para pelaku UMKM bisa lebih fokus untuk membesarkan usahanya. Selama ini, banyak keluhan dari para pelaku UMKM yang terbebani dengan biaya sewa tempat penyimpanan.

  • Bagikan

Exit mobile version