Gelar Pelatihan, Politisi Golkar Harap Kapasitas Petani Meningkat

  • Bagikan
Politisi Golkar, Andi Sugiarno

SIDRAP, RAKYATSULSEL - Politisi Partai Golkar Sidrap, Andi Sugiarno Bahri menginisiasi pelatihan dan pendidikan keterampilan vokasi pada pertanian dan peternakan berbasis rumah tangga.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sidrap dan Yayasan Pribumi dilaksanakan di Dusun Pakenya, Desa Sereang, Kecamatan Maritengae, Jumat (12/8).

Wakil Ketua DPRD Sidrap itu menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut untuk melatih petani memproduksi kebutuhannya sendiri. Seperti pembuatan pupuk organik, dan fungisida dengan menggunakan bahan-bahan lokal. Diantaranya, kotoran hewan dan buah-buahan yang mudah didapatkan dengan biaya rendah.

"Saya kira para petani kita mampu, hanya saja perlu penguatan-penguatan kapasitas, agar para petani kita tidak lagi tergantung pada pupuk kimia," ujar Andi Sugi.

Apalagi, menurut Ketua Harian Partai Golkar Sidrap itu, ketersediaan pupuk subsidi sangat terbatas, dan kerap dikeluhkan petani karena langka. Selain itu harga pupuk kimia cendrung mahal, tentu kondisi tersebut lanjutnya berpotensi menghambat produktifitas petani ataupun mempengaruhi keuntungan petani.

  • Bagikan