S3 Unibos Visitasi Perdana Prodi Doktoral Perencanaan Wilayah dan Kota

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -
Program Doktor (S3) Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Bosowa adakan uji tutup penelitian. Ujian tutup ini dilakukan oleh promovendus yaitu Bapak Burhanuddin Badrun dengan judul disertasi 'Model Keterkaitan Sistem Irigasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Kabupaten Bantaeng.

Kegiatan ini berlangsung di ruang rapat senat lt 9 gedung 1 Unibos pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Ujian disertasi ini dihadiri oleh Prof. Dr.Ir Muh saleh Pallu, M.Eng selaku Promotor, Prof.Dr Ir. Agus salim, S.T., M.Si dan Prof. Dr. Ir Muh. Natsir abduh, M.Si selaku kopromotor dan empat penguji yakni Prof. Dr. Ir. Mery Selintung, M.Sc., Prof. Dr. Ir. Andi Muhibuddin, M.S., Prof. Dr. Ir. Batara Surya S.T., M.Si, dan Dr. Ir. Murshal Manaf, S.T., M.T.

Ujian tutup penelitian ini diisi dengan proses tanya jawab dan diskusi antara promotor, kopromotor, serta penguji yang ditujukan kepada promovendus.

Pokok pembahasan dalam ujian ini adalah kebaruan apa yang akan diciptakan kedepannya terkait sistem irigasi yang akan mempengaruhi petumbuhan ekonomi wilayah, terkhusus di Kabupaten Bantaeng.

Dalam prosesnya, promovendus  memaparkan sebuah novelty mengenai pertumbuhan ekonomi wilayah yang membahas kapasitas lembaga petani pemakai air dan kaitannya dengan konservasi hutan, aosiasi irigasi, jaringan irigasi, ketersediaan air, dan pengelolaan irigasi.

Di akhir sesi, promovendus menyampaikan kesimpulan bahwa dalam sistem irigasi, petani memiliki persepsi atas  jaringan irigasi dengan kualitas yang baik serta pemenuhan kebutuhan irigasi dengan kategori yang tinggi, olehnya diperlukan strategi yang efektif dalam pengembangan sistem irigasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah.

Berdasarkan hasil sidang, promovendus dinyatakan lulus dan layak untuk maju ke tahap berikutnya dengan akumulasi nilai 93 (A).

Promotor, Kopromotor, serta penguji mengucapkan selamat atas proses yang telah dilalui hingga saat ini. Kritik dan saran juga turut menyertai proses ujian ini dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas disertasi promovendus menjadi lebih baik.

Dr. Ir. Murshal Manaf, S.T., M.Si. selaku Ketua Program Studi Doktoral S3 PWK Unibos menjelaskan ini merupakan promosi pertama program doktor S3 perencanaan wilayah dan kota Unibos.

"Sidang ujian terbuka akan diadakan pada bulan September minggu kedua," katanya.

Dengan adanya ujian terbuka ini promovendus bisa memberikan warna atau pengayaan dalam bidang ilmu perencanaan wilayah dan kota serta bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa  program doktor yang lain.

"Guna untuk segera menyelesaikan pendidikannya tepat waktu dengan quality control sesuai dengan kaidah program doktor KKNI 9," jelasnya

Tahun ini pihaknya membuka kesempatan untuk mahasiswa doktoral baru namun dengan kuota yang sangat terbatas.

"Karena kami sangat mengedepankan quality control yang harus tetap kita terjaga dan dilaksanakan secara selektif berdasarkan syarat-syarat tertentu yang berlaku," tambahnya.

  • Bagikan