Aktivitas Seru Si Kecil Rayakan Kemerdekaan Indonesia

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Agustus menjadi bulan yang spesial bagi bangsa Indonesia. Beragam ekspresi sukacita masyarakat menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di tahun 2022 ini. Mulai dari aktivitas yang lazim dilakukan seperti upacara bendera dan kostum karnaval merah putih, hingga aktivitas-aktivitas menyenangkan lainnya yang sayang untuk dilewatkan.
 
Bagi parents momen ini dapat dimanfaatkan untuk menghabiskan quality time bersama anak. Melalui berbagai aktivitas bersama yang tidak hanya seru tetapi juga edukatif dan berdampak positif bagi perkembangan anak.

Dengan situasi pandemi yang sudah lebih terkendali, parents mendapatkan lebih banyak pilihan untuk merayakan kemerdekaan bersama si kecil. Simak beberapa aktivitas yang dapat menjadi referensi.

  1. Mengikuti Lomba 17-an

Sudah menjadi tradisi masyarakat memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia dengan mengadakan beragam lomba sederhana atau sering disebut lomba 17 Agustusan. Selain untuk membangun kebersamaan antar warga, kegiatan yang sudah diramaikan sejak jaman Presiden Soekarno ini memiliki segudang manfaat lain.
 
Khusus bagi si kecil, perlombaan seperti balap karung, memasukan pensil kedalam botol, lomba membawa kelereng dengan sendok, lomba makan kerupuk dan lain sebagainya, memiliki manfaat diantaranya melatih motorik, belajar bersosialisasi dan menumbuhkan jiwa sporitfitas pada anak. Dengan keseruan yang sayang untuk dilewatkan, tidak ada ruginya jika parents ajak anak untuk ikut memeriahkannya.

  1. Bermain Sambil Belajar

Mengajak si kecil untuk mengisi waktu saat libur di Hari Kemerdekaan dengan bermain. Parents bisa coba ajak si kecil ke destinasi edukasi premium yang mendukung si kecil untuk belajar sambil bermain. Untuk parents yang tinggal di Kota Makassar, ada Timezone Play ‘N’ Learn yang baru aja di buka pada Juni lalu di Mall Ratu Indah Makassar.

Melalui dukungan fasilitas playground dan kurikulum berbasis STEAM (science, technology, engineering, the arts & mathematics), Timezone Play ‘N’ Learn memiliki pendekatan yang memungkinkan si kecil menjelajahi dan belajar tentang dunia melalui permainan. Dengan begitu, si kecil bisa bermain pintar dan memaksimalkan potensi terbaik yang dimiliki untuk menjadi generasi emas Indonesia di masa mendatang.

  1. Menyaksikan Film Bertemakan Indonesia

Untuk parents yang memilih untuk tetap berada dirumah saat perayaan HUT RI, menonton film bertemakan Indonesia bisa jadi aktivitas pilihan yang menyenangkan untuk dilakukan. Sudah pasti momen di bulan Agustus akan banyak stasiun televisi ataupun platform berbayar yang menyediakan film tema 17an atau sejarah.
 
Khusus untuk si kecil, parents dapat memilih film-film seperti; Laskar Pelangi yang menceritakan tentang persahabatan anak-anak di Bangka Belitung dengan berbagai keunikan masing-masing, Garuda di Dadaku yang bercerita seorang anak bernama Bayu yang ingin menjadi pemain sepak bola handal, Tanah Air Beta yang bercerita perjuangan anak Indonesia meraih mimpinya, dan film-film inspiratif menarik lainnya untuk anak.

  1. Kenalkan Pada Sejarah

Perayaan 17 Agustus menjadi momen yang tepat bagi parents untuk memperkenalkan sejarah kepada anak. Banyak cara menyenangkan agar anak tertarik dan mau mengenal sejarah. Salah satunya, dengan mengunjungi Museum Kota Makassar yang berlokasi di Jl. Balaikota, Kota Makassar.

Dengan memanfaatkan gedung peninggalan Belanda, banyak hal positif dan menyenangkan yang dapat diterima oleh anak saat mengunjungi Museum Kota Makassar. Terutama berkaitan dengan sejarah perkembangan peradaban dan Kota Makassar. Selain itu di museum ini, si kecil dapat diajarkan membuat batik yang sudah termasuk ke dalam warisan dunia berasal dari Indonesia. (*)

  • Bagikan