Respon Cepat, Dinkes Takalar Fasilitasi Perawatan Bayi Gizi Buruk Desa Boddia

  • Bagikan
Kepala Dinkes Takalar, dr. Rahmawati Menjenguk Balita Gizi Buruk Desa Boddia di RSUD Padjonga Dg Ngalle

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Dinas Kesehatan (Dinkes) Takalar fasilitasi Bayi Lima Tahun (Balita) pengidap Gizi Buruk mendapatkan perawatan di RSUD Padjonga Dg Ngalle. Itu, bentuk respon cepat dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

Diketahui, balita tersebut berasal dari Dusun Tarembang, Desa Boddia, Kecamatan Galesong bernama Muhammad Adi Reza.

Kepala Dinkes Takalar, dr. Rahmawati mengatakan pihaknya sudah lama melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap balita tersebut. Hanya saja, orang tua menolak ketika diminta agar pasien tersebut dirawat di rumah sakit.

"Setelah kami mengetahui kondisi balita itu, pihak Puskesmas Galesong rutin melakukan pemeriksaan dan sebenarnya sudah lama kami meminta untuk segera di rujuk ke RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle namun pada saat itu, orang tuanya selalu menolak permintaan pihak Puskesmas Galesong," ucap Rahmawati, Rabu (17/8).

Meski begitu, kata Rahma--sapaan akrab Kadinkes Takalar itu, pihaknya tetap memberi masukan ke orang tua pasien. Apalagi, kondisi Muhammad Adi Reza sudah memprihatinkan hingga akhirnya orang tua membolehkan untuk mendapat perawatan.

"Balita itu, sudah dirujuk ke RSUD Takalar sejak selasa kemarin. Sementara dalam pengurusan kartu BPJSnya atau asuransinya akan ditanggung oleh Pemkab Takalar," jelasnya.

Rahma menjelaskan, pasien saat ini telah ditangani oleh dokter spesialis anak. Di mana, diagnosa Cerebral Palsy, Suspek Epilepsy dan Malnutrisi.

"Kita doakan semoga kondisinya bisa cepat pulih kembali," tukasnya.

Sementara, Direktur RSUD Padjonga Daeng Ngalle, dr. Asriadi Ali melalui Kepala Bidang Keperawatan, H. Sapri mengatakan balita itu sudah ditangani dan mendapatkan perawatan dengan baik.

"Pasien sekarang dirawat di ruang Asoka lantai 3 Kamar 3A RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle," ujar Sapri. (Supahrin Tiro)

  • Bagikan