Sulsel Pulih Lebih Cepat

  • Bagikan
Momen HUT ke-77, Sulsel Diharap Bisa Bangkit Pasca Pandemi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Seluruh masyarakat akhirnya bisa merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 tahun. Kemeriahan perayaan kemerdekaan tahun ini sangat terasa setelah dua tahun aktivitas warga terbelenggu akibat pandemi Covid-19.

Hal ini tidak terlepas dari berbagai program pemerintah untuk keluar dari dampak Covid-19. Mulai dari pemulihan ekonomi, vaksinasi, serta bantuan untuk masyarakat lainnya.

Diketahui, HUT RI ke-77 tahun ini mengusung tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat". Tema ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 dengan mengandung harapan agar Indonesia bisa bangkit dari peristiwa pandemi Covid-19.

Gubernur Provinsi Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang bertindak sebagai inspektur upcara menyampaikan bahwa, 77 tahun Indonesia merdeka, menjadi kekuatan untuk pulih secara ekonomi lebih cepat dan bangkit lebih kuat lagi. Bangkit dengan pendekatan yang adaptif dan solutif untuk kehidupan yang lebih baik ke depan.

"Di 77 tahun Indonesia merdeka, harapan agar Sulsel dapat membangun dengan mengedepankan sipakatau (memanusiakan manusia), bersatu, optimis dan saling support," ungkap Andi Sudirman di Lapangan Upacara Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel, Rabu (17/8).

Hal senada diungkapkan oleh Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purictha Ichsan. Ia memaknai usia Indonesia ke-77 tahun sebagai momen dalam membangkitkan kondisi perekonomian agar lebih kuat.

Pasalnya, kata dia, di usianya saat ini Indonesia telah melewati peristiwa yang menimbulkan kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi yang berat dengan adanya pandemi Covid-19. Menurutnya, harapan ini sesuai tema perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun.

"Makna pulih lebih cepat yaitu menandakan kita siap dari pandemi sudah menuju endemi. Sementara makna pada bangkit lebih kuat adalah ekonomi kita sudah berjalan kembali," ungkap Adnan.

Ia melanjutkan, kondisi perekonomian yang perlahan bangkit melalui program pemulihan ekonomi di seluruh daerah. Termasuk di Kabupaten Gowa tidak terlepas dari kontribusi semua elemen yang bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan tersebut.

"Berbagai program dalam rangka pemulihan ekonomi daerah telah kita lakukan. Dengan meningkatan seluruh sektor dan potensi daerah yang ada," terangnya.

  • Bagikan