Ilham Azikin Beri Badik “Tinjarrung” Khas Bantaeng ke Mahfud MD

  • Bagikan
Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin menyerahkan cinderamata Badik Tinjarrung kepada Plt Menteri PanRB, Mahfud MD saat peresmian bersama empat Mal Pelayanan Publik di Plaza MPP Maros, Kabupaten Maros.

MAROS, RAKYATSULSEL - Hal menarik terjadi di sela-sela peresmian bersama empat Mal Pelayanan Publik (MPP) di Plaza MPP Maros, Kabupaten Maros, Jum'at (19/8).

Saat penukaran cinderamata, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin menyerahkan langsung Badik Khas Bantaeng berjenis "Tinjarrung" ke Plt Menpan RB, Mahfud MD.

Seketika, Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 mencabut badik tersebut dari sarungnya dan menunjukkan kepada seluruh tamu yang hadir.

Perhatian seluruh tamu sesaat tertuju pada badik tersebut. Untuk diketahui badik Tinjarrung dibuat oleh UMKM Bunga Biraeng di Kampung Papan Camba, Dusun Bunga Biraeng, Desa Lumpangan, Kecamatan Pa'jukukang.

Badik Tinjarrung

UMKM Bunga Biraeng adalah Pandai Besi yang menjadi penerima manfaat Bantuan Modal Usaha Berbasis Dusun dan RW yang merupakan program unggulan Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin.

"Tujuan menjadikan Badik Tinjarrung sebagai cinderamata, selain memperkenalkan, juga untuk meningkatkan ekonomi dan pemberdayaan UMKM di Bantaeng," kata Pendamping UMKM Kecamatan, Muh Yunus.

UMKM Bunga Biraeng telah menjadi binaan Dinas Koperasi dan Perdagangan Bantaeng sejak tahun 2021. Menurut Yunus, berkat program Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, pandai besi di Bantaeng saat ini terus mengalami perkembangan yang menggembirakan.

"Berkat program unggulan bapak Bupati, pandai besi saat ini mampu menggali potensi - potensinya," kata dia.

Badik Tinjarrung menurut Yunus merupakan cinderamata dengan pengerjaan dan ritual khusus dengan masa pengerjaan 15 hari sampai satu bulan.

"Bahkan membutuhkan hari-hari tertentu untuk memulai pembuatannya. Kenapa lama, karena ada besi khusus yang digunakan. Gagangnya juga harus kayu kemuning atau cempaka hitam. Harga tergantung tingkat kerumitan dan ritual khususnya. Jadi badik ini memang begitu spesial," kata dia. (Jet)

  • Bagikan