Bupati Gowa Dampingi Pangdam XIV Hasanuddin Resmikan Koramil Bontonompo

  • Bagikan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Pangdam Hasanuddin Resmikan Koramil Bontonompo

GOWA, RAKYATSULSEL - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mendampingi Pangdam XIV Hasanuddin, Andi Muhammad meresmikan langsung Kantor Koramil 1409-08 Bontonompo, Kodim 1409 Gowa yang baru. Hal itu ditandai dengan penandatanganan prasasti, Senin (22/8).

Adnan mengatakan Kantor Koramil Bontonompo merupakan hasil dari relokasi lahan. Di mana dulunya Kantor Koramil lama berdekatan dengan Rumah Jabatan Camat Bontonompo.

Selain itu ia menilai, Kantor Koramil Bontonompo ini adalah yang terbaik atau paling bagus di Provinsi Sulawesi Selatan bahkan mungkin di Indonesia Timur. Sebab dari pengalaman kunjungannya di beberapa Kantor Koramil yang ada diakuinya kantor tersebutlah yang paling bagus.

"Karena saya asli orang Bontonompo maka saya berkewajiban membuat Kantor Koramilnya lebih bagus. Karena itu, izinkan kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Pangdam dan seluruh jajaran Kodam XIV Hasanuddin," katanya.

Ia menyebutkan, Kantor Koramil lama sengaja di pindahkan sebab lahannya digunakan Pemerintah Kabupaten Gowa sebagai lokasi pembangunan Rumah Sakit Pratama. Hal ini dilakukan agar pemerintah daerah bisa maksimal melayani masyarakat di sekitar wilayah tersebut.

"Pembangunan rumah sakit ini memang membutuhkan lahan yang cukup luas, dan saat ini baru selesai pembangunannya tahap pertama. Insya Allah tahun depan akan kami lanjutkan dan akan kami rampungkan secara keseluruhan. Sehingga pada 2024 nanti sudah siap untuk melayani masyarakat Kabupaten Gowa khususnya melayani masyarakat Bontonompo dan juga Bontonompo Selatan," ujar Adnan.

Ia menjelaskan, lahan Kantor Koramil yang lama memiliki luas kurang lebih 700 meter persegi. Sementara luas lahan yang digantikan pada proses relokasi lahan sekitar 1.300 meter persegi.

Dimana lanjutnya, untuk penganggarannya menggunakan APBD sekitar Rp5 miliar untuk pembangunan Kantor Koramil sekaligus rumah-rumah dinas untuk Danramil dengan seluruh jajarannya.

"Jadi hampir dua kali lipatnya Bapak Jendral kami gantikan. Inilah yang membuat Pak Danramil Bontonompo belum mau pindah-pindah dari tempat ini. paling tidak dia nikmati dulu katanya kantor baru ini," terangnya.

Sementara, Pangdam XIV Hasanuddin menyampaikan bahwa pembangunan Koramil ini adalah hasil Relokasi Lahan (Reslah) dari Kabupaten Gowa yang awalnya Kantor Koramil ini berada di lokasi yang berbeda.

  • Bagikan