Ketua IKA Unhas Andi Amran Sulaiman Jalan Santai Bareng 7.000 Orang di Sultra

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ketua Umum Pengurus Pusat IKA Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman (AAS) menngelar jalan santai bersama 7.000 orang di Sultra.

Gerak Jalan Santai Merdeka IKA Unhas wilayah Sulawesi Tenggara, dihelat Minggu, 21 Agustus, di pelataran MTQ Square, Kota Kendari.

Selain diikuti 7.000 orang, gerak jalan santai ini juga dihadiri oleh orang penting di Bumi Anoa. Di jajaran kepala daerah, ada Gubernur Sultra Ali Mazi, Pj Sekretaris Daerah Asrun Lio, yang juga Ketua IKA UNHAS Sultra, Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran dan Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin.

Dari kalangan akademisi hadir Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu, Rektor Unsultra Prof Dr Andi Bahrun, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Prof Dr Faizah Binti Awad, Rektor Universitas Sembilan Belas November (USN), Dr Nur Ihsan.

Rektor Universitas Hasanuddin diwakili Direktur Hubungan Alumni dan Pengembangan Dana Abadi Unhas, Dr Andi Muhammad Akhmar. Juga hadir Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Sultra, Mayjen (purn) Andi Sumange Rukka (ASR), Ketua Harian I PP IKA Unhas, Dr Sukriansyah S. Latief, Forkopimda, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepada wartawan yang mewawancarai di lokasi, Andi Amran Sulaiman menjelaskan, temu alumni yang dikemas dalam Bentuk Jalan Santai Merdeka ini mengangkat tema berkolaborasi untuk negeri.

Menurut owner PT Tiran Group, dengan berbagai potensi dan latar belakang yang berbeda, alumni Unhas siap bersinergi untuk membangun negeri. Ini juga adalah salah satu upaya untuk membangun jejaring antar-alumni di wilayah Sultra.

“Jalan santai ini merupakan agenda untuk mengumpulkan teman-teman alumni dari berbagai angkatan. Semoga teman alumni Unhas wilayah Sultra terus bersinergi untuk menggelar kegiatan yang positif dalam membangun negeri ini,” kata AAS.

Sementara itu Ketua IKA Unhas Sultra, Asrun Lio menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegitan. “Alhamdulillah, kegiatan ini sangat sukses. Karena dari tujuh ribu kupon undangan yang disiapkan semuanya terbagi," ujarnya.

Di lokasi gerak jalan, selain alumni Unhas, gerak jalan ini juga diramaikan oleh alumni dan mahasiswa perguruan tinggi di Sultra, seperti Universitas Halu Oleo (UHO), Unsultra, dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

Jadi, tambahnya, kurang lebih ada tujuh ribu peserta turut memeriahkan Jalan Santai Merdeka ini. Dia berharap melalui kegiatan jalan santai merdeka ini, pihaknya mencoba mengidentifikasi dan mengumpulkan teman-teman alumni yang tersebar di seluruh wilayah Sultra untuk menjalin silaturahmi.

Di samping dihadiri Ketua Umum IKA Unhas Andi Amran Sulaiman yang juga Menteri Pertanian RI 2014 – 2019, para petinggi Sultra, Asrun Lio dan sejumlah pengurus IKA Unhas provinsi serta kabupaten/kota ikut dalam jalan santai ini.

Acara akbar ini juga dimeriahkan penceramah kondang Ustadz Das’ad Latief dan penyanyi hasil pencarian bakat Ika KDI.

Jalan Santai Merdeka menyediakan doorprize berupa motor, sepeda, kulkas serta alat rumah tangga lainnya. Peserta yang beruntung serta khusus anak yatim mendapat hadiah puluhan juta rupiah.

Peserta jalan santai kata Pj Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini, merupakan alumni beserta keluarganya yang bermukim di Sultra.

Sebagai bentuk antusias, peserta jalan santai merdeka berkumpul pada pukul 06.00 Wita. Pada pukul 07.30 Wita, peserta jalan santai baru dilepas. Setelah tiba digaris finish, dilanjutkan dengan lulo bersama.

“Jadi kegiatannya bukan hanya jalan santai. Namun, ada juga lulo bersama yang diikuti oleh para peserta jalan santai merdeka,” kata kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra.

Di antara 7.000 peserta tampak juga Pengurus Pusat IKA UNHAS, Suharman Usman, Andi Andi Amril, Suwardi Thahir serta Direktur Eksekutif Salahuddin Alam. (*)

  • Bagikan