Membanggakan, Mahasiswa UMI Raih Medali Emas di Kompetisi Penelitian Internasional

  • Bagikan
Mahasiswa UMI Raih Emas di WYIIA 2022

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK UMI) berhasil meraih Medali Emas pada kompetisi Penelitian Internasional bernama World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) 2022.

Tim mahasiswa FK UMI yang terdiri dari Syarifah Fatimah Nissatuljannah Angkatan 2020, Andi Irma Yuniar dan Nurul Wahidah Yasid (2019) ini sukses keluar sebagai pemenang pada kategori lomba Life Science.

World Youth Invention and Innovation Award atau WYIIA 2022 merupakan salah satu ajang lomba International yang diadakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA). Perhelatan lomba kali ini berafiliasi dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang bertindak sebagai tuan rumah.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (28/8), selain meraih juara, tim FK UMI ini mendapatkan penghargaan khusus berupa Doza Srekja Macedonia Special Award dari Negara Macedonia.

Puncak pelaksanaan serta pengumuman pemenang berlangsung saat Awarding Ceremony yang bertempat di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jumat (26/8) kemarin.

Mereka tampil membawakan proyek penelitian dengan judul The Potential of Sumbawa Herbal Oil Based Oleogel as Burn Wound Dressine. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi Minyak Sumbawa sebagai bahan utama dalam produk berupa Oleogel yang bermanfaat sebagai balutan luka bakar.

Dekan FK UMI, Nasruddin mengaku sangat bersyukur atas prestasi ini mahasiswanya.

"Hal tersebut berguna untuk mengukur kredibilitas dan kualitas Mahasiswa FK UMI. Juga tidak kalah penting akan bermanfaat untuk persiapan akreditasi FK UMI menuju unggul nantinya,” jelasnya.

Terpisah, Anggota Tim FK UMI Andi Irma Yuniar, menjelaskan, prestasi mereka dipersembahkan untuk almamater UMI, serta keluarga besar, FK UMI.

"Alhamdulillah, rasa syukur sebesar besarnya bahwa dalam kesempatan ini penelitian kami bisa mempersembahkan yang terbaik bagi almamater kami Universitas Muslim Indonesia yaitu berupa Medali emas serta dapat menarik perhatian Inventors dari negara asing dengan apresiasi berupa "Doza Srekja Macedonia Special Award" dari Negara Macedonia," tutupnya. (*)

  • Bagikan