Kemenko PMK dan Pemkot Palopo Vidcon, Bahas Penanggulangan TBC

  • Bagikan
Vidcon Sekda Palopo dengan Menko PMK

PALOPO, RAKYATSULSEL - Sekda Kota Palopo, Firmanza DP bersama Staf Ahli Wali Kota Palopo Ishak Iskandar menghadiri acara vidcon Aksi Proteksi Wadah Kemitraan Penanggulangan TBC di Ruang Sekertaris Daerah Kota Palopo, Rabu (31/8).

Penyakit tuberkulosis atau TBC masih menjadi masalah kesehatan serius di seluruh dunia yang tak kunjung usai. Termasuk di Indonesia kasusnya masih terus meningkat dan telah memakan banyak korban jiwa.

Kementerian Kesehatan mencatat, saat ini kasus TBC di Indonesia sebanyak 301 kasus insidens per 100 ribu penduduk, dan angka kematian sebesar 34 orang per 100 ribu penduduk. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penyumbang kasus TBC terbesar di dunia.

Laporan Ketua Panitia Asisten Deputi Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Nancy Dian Anggraeni menyampaikan, bahwa pemerintah menargetkan kasus tuberkulosis di Indonesia turun pada tahun 2030 mendatang.

Dia menjelaskan, bahwa Presiden RI Joko Widodo telah meneken Perpres Nomor 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan Tuberkulosis, yang menjadi acuan bagi Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah provinsi dan kabupaten, kota, pemerintah desa, serta pemangku kepentingan lainnya dalam melaksanakan penanggulangan TBC.

"Dalam Perpres tersebut juga ditargetkan penurunan insiden TBC menjadi 65 kasus per 100 ribu dan penurunan angka kematian hingga 6 per 100 ribu penduduk," ujar Nancy dalam Webinar Sosialisasi Pembentukan Forum Multi Sektor Penanggulangan TBC, secara daring.

  • Bagikan