SMPN 6 Makassar Implementasikan Wajib Pramuka

  • Bagikan
Kegiatan Pramuka di SMPN 6 Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Siswa SMPN 6 Makassar melaksanakan kegiatan Ekstrakulikuler Wajib, yaitu Pramuka.

Pembukaan kegiatan kepramukaan ini dihadiri langsung oleh Wakil Kepala sekolah bidang Kesiswaan dan Ketua Gugus Pramuka Spensix--akronim SMPN 6 Makassar.

Terlihat saat pembukaan kegiatan, Siswa kelas 7 penuh suka gembira dan antusias mengikuti kegiatan ini. Hal ini pastinya tidak terlepas dari pembinaan mental dan karakter yang diterapkan oleh pembina pramuka.

Ketua Gugus Pramuka SMPN 6 Makassar, Ratna menjelaskan Pramuka merupakan ekskul wajib. Pesertanya berasal dari siswa kelas 7 dengan jumlah 440 orang.

"Banyak yang tidak hadir karena bertepatan persiapan F8, ada juga yang tidak enak badan. Kegiatannya ini berkaitan dengan baris-berbaris, pendalaman materi dan lainnya," tukas Ratna.

"Jadi, kegiatan ini dua hari dan kita berharap peserta didik bisa lebih disiplin dan kompak," tambahnya.

Terpisah, Peserta Pramuka, Fadillah Kezia Aulia Sudibyo mengaku senang bisa ikut dalam kegiatan Pramuka ini.

"Baik-baik semuanya juga kakak-kakak pendamping, saya juga senang karena bisa banyak mengetahui tentang budaya Sulsel," ujar Fadillah.

Terpisah, Wakil Kepala Sekolah SMPN 6 Makassar Ali Imron yang juga hadir saat pembukaan menyatakan syukur lantaran peserta bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan kepramukaan.

"Alhamdulillah, semua siswa kelas 7 bersemangat mengikuti kegiatan implementasi kurikulum merdeka, dengan pramuka sebagai ekstrakulikuler wajib diikuti kelas 7," ujar Ali Imron.

Dia menambahkan, pihaknya akan mengkombinasikan pembelajaran pramuka di sekolah dan pembelajaran pramuka di Rotterdam tepatnya di Museum Lagaligo.

"Outcome yang diharapkan siswa SMPN 6 Makassar, mampu dan bangga dengan nilai-nilai budaya yang ada di Sulsel," ungkap Pendamping Gugus pramuka Spensix Makassar itu. (*)

  • Bagikan