Tinjau Pembelajaran Smart School di Toraja, Gubernur Sulsel: Kita Ingin Satu Standar se Sulsel

  • Bagikan

TORAJA, RAKYATSULSEL - Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meninjau proses pembelajaran Smart School di SMAN 5 Tana Toraja, Makale, Kamis 1 September 2022.

Ia pun memasuki salah satu ruang kelas di Kelas XII MIA 1. Disana, pelajar menyambut senang kedatangan Gubernur termuda di Indonesia itu.

Saat itu, siswa tengah live virtual mengikuti materi pembelajaran Sosiologi dari Guru asal SMAN 1 Soppeng, Luktfy Alam.

"Kita ingin, pelajar (SMA) kita se Sulsel satu standar, kualitas, dan mutu pendidikan yang diterima," kata Andi Sudirman.

Smart school mulai aktif dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023. Hadirnya smart school ini pula mendukung Merdeka Belajar.

"Sudah dipakai anak-anak kita dan sudah guru ngajarnya satu standar. smart school ini juga memberikan informasi cepat kepada anak sekolah yang ada di daerah-daerah. Serta mendukung program bapak Presiden, untuk Merdeka Belajar," jelasnya.

Diketahui, program Smart School: Satu Standar, Satu Guru, Satu Sulsel digagas oleh Gubernur Andi Sudirman. Dalam program itu, menghadirkan sistem pembelajaran hybrid. Melalui pendekatan digital, kualitas dan mutu yang diterima siswa/siswi SMA se-Sulsel seragam.

Untuk mendukung pembelajaran smart school, Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel juga menyediakan aplikasi e-Andalan yang tersedia di playstore android atau pun melalui web.

Setiap siswa mengikuti pembelajaran online terlebih dahulu yang diantarkan oleh guru-guru pilihan dan terbaik se-sulsel secara interkatif melalui perangkat smart TV, kemudian disusul pendalaman mata pelajaran secara offline di kelas masing-masing bersama guru pendamping.

Ini merupakan inovasi sistem Pembelajaran hybrid pertama yang dihadirkan oleh Pemerintah Provinsi di Indonesia.

  • Bagikan