KPU Sidrap Edukasi Siswa SMPN 4 Maritenggae di RPP

  • Bagikan
siswa dan sejumlah guru dari SMPN 4 Kecamatan Maritenggae, melakukan kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu (RPP), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Sidenreng Rappang, Rabu (7/9).

SIDRAP, RAKYATSULSEL – Puluhan siswa dan sejumlah guru dari SMPN 4 Kecamatan Maritenggae, melakukan kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu (RPP), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Sidenreng Rappang, Rabu (7/9).

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU Sidrap, Syamsuddin Saleng, Didampingi sejumlah anggota KPU dan staf sekretariat setempat, saat menerima rombongan siswa/siswi tersebut.

“Dalam rangka pendidikan pemilih, tentu kegiatan ini sangat penting, khususnya dalam rangka transfer informasi kepada adik adik pelajar, terkait tahapan Pemilu dan Pemilihan, begitupun proses pemungutan dan penghitungan suara, serta informasi lain terkait pemilu dan demokrasi,” jelas Syamsuddin Saleng.

Sementara itu, Koordinator divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Sidrap, Akhwan Ali mengatakan proses sosialisasi tersebut berlangsung meriah, hal tersebut dikarenakan banyaknya pertanyaan dan tingginya animo dari siswa yang mengikuti sosialisasi tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan guru guru dari SMPN 4 Maritenggae, yang melakukan pendampingan kepada siswanya saat berkunjung ke RPP kami,” jelasnya.

Tak hanya di tingkat SMP, KPU Sidrap juga melakukan serangkaian sosialiasi kepemiluan di beberapa sekolah menengah atas (SMA), bahkan hingga ke sejumlah perguruan tinggi, termasuk ke tengah komunitas yang berbasis segmentasi.

Sekedar diketahui, Rumah Pintar Pemilu (RPP), merupakan sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan sebuah program aktifitas project edukasi masyarakat.

“RPP juga memiliki fungsi layaknya museum atau laboratorium mini pemilu, untuk mengenal sejarah dan perkembangan penyelenggaraan Pemilihan Umum secara nasional dari masa ke masa,” tambah Akhwan Ali. (Rid)

  • Bagikan