Bawakan Kuliah Umum Bahas ‘SDGs’; Kang Emil Pukau Mahasiswa FISIP Unhas

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin (Fisip-Unhas) menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Kepemimpinan Inovatif dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia”.

Prof. Dr. drg. Muhammad Ruslin, Sp.BM, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, menyampaikan respek dan rasa kegembiraan atas kehadiran dan kesedian Gubernur Jawa Barat, Dr. (H.C.) H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. untuk membagi pengetahuan dan pengalaman dengan mahasiswa Unhas.

Menariknya, Prof Ruslin dalam memulai acara ini memamerkan kemampuannya berbahasa Sunda.

Tampak sekali Ridwan Kamil terkesan dengan sambutan sivitas akademika Unhas yang penuh kehangatan dan persahabatan.

Ridwan Kamil membalas kehangatan itu dengan menyebut beberapa tempat kuliner yang terkenal di Makassar. Selain itu ia menyebut nama tempat kuliner Bugis Makassar yang ada di Bandung.

Sebagai narasumber tunggal, Kang Emil, yang berlangsung mulai pukul 09.00-11.00 Wita di Aula Prof. Syukur Abdullah, Lantai 3 Gedung Fisip Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (08/09), terasa sangat singkat waktunya.

Audiens tampak penuh semangat menikmati setiap lontaran kata-kata Kang Emil yang berbobot namun disampaikan dengan cara yang mudah dicerna bahkan terkesan humoris.

"Kang Emil betul-betul memukau mahasiswa. Saya fans Kang Emil," kata seorang mahasiswa setengah berteriak.

Secara umum kuliah umum Kang Emil dapat disimpulkan tentang gambaran berkaitan dengan peran pemerintah Jabar dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Ia mengatakan, lima point utama dalam SDGs seperti kemakmuran hingga perdamaian di Jawa Barat meningkat mulai dari energi terbarukan, perdamaian, dan gender.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil juga memberikan penjelasan berkaitan dengan upaya strategis Jabar dalam mendorong pencapaian SDGs, misalnya dalam penggunaan teknologi digital yang dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti pertanian di Jawa Barat.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., hadir dipertengahan kuliah umum Kang Emil. Usai Kang Emil menyampaikan kuliahnya, Prof. JJ lalu menyampaikan ungkapan terima kasih atas kesediaan Kang Emil berbagi informasi di Unhas.

Pada kesempatan tersebut, Prof. JJ menjelaskan mengenai capaian Unhas dalam berbagai bidang serta kontribusi dalam mendorong pembangunan berkelanjutan sesuai SDGs.

"Wujud komitmen kami terlihat dari hadirnya SDGs Center Unhas yang merupakan unit dalam memfasilitasi dan koordinasi berbagai pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Komitmen Unhas terhadap SDG Center tampak dari dukungan terhadap berbagai program dan kegiatan, baik yang telah dilaksanakan maupun yang kini sedang dalam perencanaan," jelas Prof. JJ.

Bagian akhir kuliah umum, salah seorang mahasiswi disabilitas diperkenankan menyampaikn pertanyaan kepada Kang Emil.

Kang Emil dalam merespon mahasiswi disabilitas itu dengan memberikan motivasi dan kunci sukses dalam meraih cita-cita dan tujuan hidup. (*)

  • Bagikan