Awali tahapan Pemilu, Bawaslu Torut Gelar Sosialisasi Pengawasan

  • Bagikan
Sosialisasi Pengawasan Netralitas Aparatur Sipil Negara oleh Bawaslu Toraja Utara

TORAJA UTARA, RAKYATSULSEL - Awali tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Toraja Utara (Torut) gelar Sosialisasi Pengawasan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (Polri), Selasa 13 September 2022 di Toraja Heritage Hotel, yang dihadiri ASN, TNI dan Polri.

Menurut ketua Bawaslu Torut, Andarias Duma' dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan bahwa Bawaslu Torut melaksanakan kegiatan sosialisasi netralitas sebagai langkah awal dalam tahapan pemilu yang sudah mulai berjalan.

Dikatakan Andarias bahwa dalam setiap pemilihan ASN, TNI, Polri mendapatkan imbas misalnya ada nama mereka yang dicatut oleh partai politik tanpa sepengetahuan, padahal ada aturan yang mengatur bahwa ASN tidak bisa perpolitik dan TNI, Polri tidak memiliki hak suara dalam pemilihan, tetapi kadang masih ada yang mencatut nama mereka dalam keanggotaan parpol.

Untuk itu dirinya mengingatkan ASN, TNI, Polri agar mengecek nama mereka di aplikasi yang disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dan juga mengingatkan ASN agar dalam pemilu tetap mengutamakan netralitas, mengingat pada beberapa pemilihan di Torut ada beberapa oknum ASN yang mendapatkan sanksi karena tidak netral dalam pemilihan dan Bawaslu akan memproses ASN yang terbukti terlibat politik praktis jika terbukti. Olehnya itu ASN agar tetap menjaga netralitas dalam pemilu dan pilkada nanti.

Dirinya berharap setelah kembali , TNI/Polri dan ASN bisa kembali dan memberikan informasikan terkait netralitas ASN, TNI/Polri kepada rekan, keluarga dan masyarakat dalam pemilu mendatang karena ada aturan yang mengatur apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan ASN, TNI, Polri dalam mendukung berjalannya Pemilu tahun 2024 ini.

Sementara itu, mewakili pemkab Torut, asisten III Setda, Semuel S. Rompon dalam kesempatan itu, mengatakan bahwa pemkab Torut akan membantu mensosialisasikan terkait netralitas ASN kepada ASN yang ada di lingkup pemkab Torut agar tidak ada ASN yang terlibat politik praktis. Disamping itu pemkab Torut juga akan mendukung Bawaslu dalam melakukan pengawasan netralitas demi berjalannya pemilu yang sukses. (Ely)

  • Bagikan