Kendalikan Inflasi, Menko Airlangga Imbau Pemda Tak Ragu Gunakan BTT dan DAK

  • Bagikan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

“Saya kembali menekankan kepada seluruh daerah, tidak perlu ragu-ragu untuk menggunakan Bantuan Tak Terduga (BTT) dalam pengendalian inflasi, dan mengoptimalkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik untuk tematik ketahanan pangan, serta pemanfaatan 2% Dana Transfer Umum (DTU) untuk membantu sektor transportasi dan tambahan perlindungan sosial, karena sudah ada Peraturan Menteri Keuangan dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri,” jelas Menko Airlangga. Dalam menjaga akuntabilitas, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) juga memberikan dukungan melalui pendampingan dalam pelaksanaan berbagai program pengendalian inflasi di daerah.

Ke depan, lanjut Menko Airlangga, TPIP-TPID akan terus memperkuat koordinasi maupun sinergi program kebijakan untuk stabilisasi harga, terutama pasca penyesuaian BBM guna mendukung pencapaian inflasi nasional tetap terkendali.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan serangkaian implementasi aksi nyata yang dikemas dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). Kegiatan tersebut meliputi penandatangan Kerja Sama Antardaerah (KAD), penyaluran KUR kepada kelompok tani, penyerahan bibit cabai maupun bantuan sarana-prasana pertanian.

Setelah itu, diumumkan pemenang TPID Awards 2022 sebagai bentuk apresiasi kepada TPID dalam pengendalian inflasi di daerah. Penghargaan tersebut terdiri dari tiga kategori yakni TPID Terbaik Provinsi dan Kabupaten/Kota serta TPID Kabupaten/Kota Berprestasi. Pemenang TPID dan para nominasi dalam tiga kategori tersebut telah diusulkan untuk mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) pada kategori Kinerja Pengendalian Inflasi Daerah.

“Diharapkan dengan tambahan insentif tersebut dapat memacu daerah semakin inovatif dalam perumusan kebijakan yang langsung menyasar pada permasalahan inflasi masing-masing,” tutup Menko Airlangga.

Pemenang TPID Awards 2022 adalah sebagai berikut:

a) Wilayah Sumatera => Provinsi: Bengkulu, Kab/Kota Terbaik: Kota Pekan Baru, Kab/Kota Berprestasi: Kabupaten Tanah Datar.

b) Wilayah Jawa-Bali => Provinsi: Jawa Barat, Kab/Kota Terbaik: Kabupaten Banyuwangi, Kab/Kota Berprestasi: Kabupaten Blitar.

c) Wilayah Kalimantan => Provinsi: Kalimantan Timur, Kab/Kota Terbaik: Kota Pontianak, Kab/Kota Berprestasi: Kabupaten Landak.

d) Wilayah Sulawesi => Provinsi: Sulawesi Selatan, Kab/Kota Terbaik: Kota Gorontalo, Kab/Kota Berprestasi: Kabupaten Bone Bolango.

e) Wilayah Nusa Tenggara-Maluku-Papua => Provinsi: Nusa Tenggara Barat, Kab/Kota Terbaik: Kota Mataram, Kab/Kota Berprestasi: Kabupaten Lombok Barat.

Turut hadir dalam Rakorpusda tersebut yakni antara lain Anggota DPR RI, Menteri Koperasi dan UKM, Wakil Menteri Dalam Negeri, Gubernur Bank Indonesia, Kepala Badan Pangan Nasional, perwakilan BPKP dan para Kepala Daerah seluruh Indonesia. (*)

  • Bagikan