Unhas dan PT Semen Tonasa Sepakat Kerja Sama Bidang Pengembangan Tridarma

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Hasanuddin dan PT. Semen Tonasa sepakat kerja sama dalam bidang pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc) dan Direktur Utama PT. Semen Tonasa (Mufti Arimurti, ST).

Acara penandatanganan MoU disaksikan langsung oleh Komisaris PT. Semen Tonasa, Dr. Husain Abdullah (Dosen Unhas), dan Ketua LPPM Unhas Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., yang berlangsung pada pukul 11.00 Wita secara luring terbatas di Kantor Pusat Lt.6 PT. Semen Tonasa, Kabupaten Pangkep, Rabu (14/9).

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT Semen Tonasa, Mufti Arimurti, ST., menjelaskan selama perjalanan kesuksesan perusahaan tidak terlepas dari setiap peran dan kontribusi dari mitra kerja sama dalam rangka mendukung segala pencapaian strategi perusahaan PT Semen Tonasa.

Salah satunya kerja sama dengan pihak institusi, yakni Universitas Hasanuddin sebagai mitra strategis melalui peran para alumni dalam menduduki jabatan utama.

“Seluruh pembangunan, pengelolaan, hingga pengembangan pabrik dilakukan bersama dengan para mitra, pemerintah, serta sinergitas bersama Unhas. Hal tersebut menegaskan bahwa industri selalu membutuhkan peran institusi dalam melakukan setiap pengembangan ke depannya, sehingga kita harapkan perusahaan dan Unhas dapat saling berkolaborasi mewujudkan segala pencapaian berdasarkan visi misi bersama yang efisien dalam pengelolaan program kerja yang bisa menjadi langkah yang tepat guna dalam dunia pendidikan,” jelas Mufti Arimurti, ST.

Lebih lanjut, Mufti Arimurti menyampaikan bahwa PT Semen Tonasa tengah mengembangkan berbagai penelitian dalam perancangan proses produksi produk dengan peningkatan kualitas produk yang ramah lingkungan di Kawasan Timur Indonesia.

Melakukan inovasi di berbagai bidang guna menjaga loyalitas pelanggan serta untuk meningkatkan daya saing dan pengembangan pangsa pasar tetap menjadi fokus utama dari perushaan.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. JJ dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya atas kerja sama yang akan dilakukan bersama PT Semen Tonasa dalam berbagai bidang, diantaranya bidang lingkungan hidup, pengelolaan sampah, bidang inovasi sosial, dan bidang beasiswa, pendidikan formal bagi mahasiswa Unhas.

Lebih lanjut, Prof JJ menegaskan, bahwa melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) LPPM Unhas pada berbagai sektor kajian membuktikan komitmen Unhas dalam memenuhi kebutuhan yang terkait dengan permasalahan pengelolaan sumber daya alam dengan melibatkan sumber daya manusia guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Kita harapkan kerja sama yang akan dilakukan ini dapat menjadi kolaborasi terbaik dalam menghadirkan solusi bagi masyarakat melalui program strategis yang akan dihadirkan, khususnya pada bidang lingkungan hidup yang akan berdampak positif bagi lingkungan sekitar, serta bidang pendidikan bagi mahasiswa dengan pemberian fasilitas beasiswa dan pengalaman belajar atau magang,” jelas Prof JJ.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir sepuluh orang mahasiswa yang mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) 2022 oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) di PT Semen Tonasa selama enam bulan (September- Februari).

Kunjungan ke PT Semen Tonasa berlangsung hingga pukul 13.00 Wita dan di akhiri dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan mengunjungi Kawasan Reboisasi Taman ke Hati Bulu Sipong. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version