Naomi Harap Rakernas Dekranas Jadi Ajang Kolaborasi

  • Bagikan
Pengurus Dekranas Foto Bersama di Sela-sela Rakernas

Sekitar 87 persen atau sekitar 1.465.543 unit sektor yang mendominasi usaha tersebut yaitu sektor perdagangan, selanjutnya adalah sektor produksi atau industri olahan makanan minuman berada di kisaran 45 persen.

Sebagai lembaga yang membina para perajin Dekranas mendukung kemandirian ekonomi Indonesia. Apalagi, pascapandemi Covid-19 yang memberikan dampak dan tantangan di berbagai sektor, termasuk bagi para perajin yang membuat produk kriya.

Tantangan-tantangan itu di antaranya keterbatasan permodalan, kurangnya akses pasar, minimnya regenerasi SDM perajin yang andal, dan persaingan ketat dengan produk sejenis dari luar negeri yang telah membanjiri Indonesia.

Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin berharap rakernas ini dapat menyusun program-program yang mampu mengatasi permasalahan-permasalahan bagi pelaku UMKM, sebagaimana disebutkan di atas.
 
"Solusi itu hendaknya didukung dengan terobosan dan ide kreatif untuk meningkatkan daya saing, sehingga perajin dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bahkan bersaing di pasar global," katanya di sela-sela membuka Rakernas Dekranas 2022, di Istana Wakil Presiden, Auditorium Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), Jakarta, Selasa, 20 September.

Menurutnya, rakernas yang mengusung tema 'Semangat Bertahan, Rajin Berdaya Saing', memiliki arti menunjukan semangat para perajin untuk terus berkarya dan meningkatkan daya saing di saat pandemi Covid-19 yang menghantam sendi-sendi perekonomian seluruh bangsa di dunia.

  • Bagikan