BAN SM Sulsel Gelar Visitasi di UPT SDN 102 Pinrang

  • Bagikan
Tim Asesor BAN SM dan Guru SDN 102 Pinrang Foto Bersama

PINRANG, RAKYATSULSEL - Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-SM) Sulsel menggelar visitasi penilaian akreditasi di UPT SDN 102 Pinrang, Sabtu (24/9).

Tim Asesor, Andi Suhardiman mengatakan, ada empat komponen penilaian akreditasi yakni mutu lulusan, mutu guru, manajemen sekolah dan proses pembelajaran.

"Proses penilaiannya memakan waktu yang cukup lama. Ini tahap pertama dan akan dilanjutkan dengan tahap verifikasi validasi dari Tim berikutnya," papar Andi Suhardiman.

Sebelum turun ke sekolah melakukan penilaian akreditasi, kata dia, pihak sekolah sudah mengisi daftar isinya akreditasi. Selanjutnya, BAN SM melakukan visitasi ke sekolah untuk memastikan data unggahan sudah sesuai.

"Dalam menentukan apakah kondisi tersebut sesuai dengan kenyataan sebenarnya, kami melakukan observasi di dalam dan di luar kelas melakukan wawancara dengan semua elemen sekolah," jelasnya.

"Survey kami lakukan kepada siswa terkait bullying dan hal ini kami rahasiakan termasuk kepada guru. Selanjutnya kami lakukan pemeriksaan dokumen yang cukup banyak," tambahnya. (Amran)

  • Bagikan